Melihat Keganasan “Pohon Kematian”

“Pohon Kematian” atau “Tree of Death” atau “Arbol de la Muerte” adalah sebutan untuk pohon Manchineel. Pohon yang terdapat di Kepulauan Karibia, Bahama, Teluk Meksiko, wilayah utara Amerika Latin, Kepulauan Galapagos, dan Florida (AS) ini pertama kali ditemukan oleh para pelaut Spanyol. Menurut Guinness World Records, pohon manchineel adalah pohon paling berbahaya di dunia. 

Pohon Manchineel (Hippomane mancinella) adalah spesies pohon berbunga dari keluarga Euphorbiacea. Memiliki bentuk daun oval, berwarna hijau cerah dan tingginya mencapai 20 meter. Pohon manchineel tak terlihat seperti pohon beracun karena bentuknya yang normal dengan daun rimbun serta menghasilkan buah yang terasa manis diawal namun menyimpan racun mematikan.

Pohon yang banyak di jumpai di pantai ini memiliki semua bagian yang sangat beracun. Menyentuh atau menelan setiap bagian pohon manchineel dapat berakibat fatal. Bahkan, tetesan hujan yang menyentuh bagian pohon lalu mengenai kulit dapat membuat kulit melepuh. 

Getah

Pohon manchineel memiliki getah yang beracun. Apabila getahnya terkena kulit maka kulit akan melepuh seperti tersiram air aki. Bila terkena mata dapat mengakibatkan iritasi hingga kebutaan. Mobil yang terkena tetesan getah pohon ini catnya akan mengelupas. 

Buah


Buah manchineel berbentuk bulat hijau, sebesar jeruk. Buah ini adalah bagian paling berbahaya dari pohon manchineel. Orang yang memakannya bisa sakit parah hingga meninggal di tempat. Saat digigit buah akan terasa manis, lalu tiba-tiba mulut terasa pedas hingga berubah seperti rasa terbakar. Rasa panas itu seakan merobek mulut dan terasa sakit serta menyesakkan di tenggorokan. Keadaan ini akan memburuk selama 2 jam berikutnya dan korban tidak bisa menelan apapun. 

Kulit pohon

Kulit pohon manchineel juga tak kalah beracun. Jika dibakar maka akan mengeluarkan asap yang bisa menyebabkan kebutaan sementara hingga permanen. 

Meskipun pohon manchineel sangat beracun, namun ada hewan yang mampu bertahan hidup di pohon tersebut dan memakan buahnya. Hewan itu adalah Garoobo (Iguana bergaris). 


Mengingat sangat berbahayanya pohon ini, maka di setiap pohon dipasang papan larangan agar wisatawan tidak mendekatinya. Secara kasat mata, pohon ini tidak terlihat beracun dengan daun yang rimbun akan membuat wisatawan tidak curiga untuk berteduh dibawahnya. Meski demikian, saat ini di Florida (AS), pohon manchineel telah dinyatakan terancam punah.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top