Tips Cegah Mata Minus di Usia Muda

Mata minus adalah gangguan pada mata yang banyak diderita oleh anak-anak dan remaja. Pada dasarnya, mata minus disebabkan oleh faktor keturunan dan faktor kebiasaan yang kurang baik. Perkembangan teknlogi dengan lahirnya gadget yang beraneka ragam juga mendorong gangguan pada mata. Kebiasaan melihat layar gadget dalam waktu lama akan memicu anak memicingkan mata dan terkenan sinar secara kontinu. Hal ini tentu akan membuat mata cepat lelah.

Tips Cegah Mata Minus di Usia Muda
Mata minus merupakan gangguan penglihatan akibat bayangan benda yang diterima saraf penglihatan tidak terbentuk sempurna. Kornea mata terlalu melengkung dan bola mata terlalu lonjong sehingga bayangan benda tidak fokus karena jatuh di depan retina. Akibatnya, benda-benda akan terlihat kabur. 
Perkembangan teknologi memang tak bisa dibatasi. Namun, hidup berdampingan dengan teknologi tanpa terkena dampaknya masih bisa dilakukan. Berikut ini beberapa tips mencegah mata minus di usia muda. 

1. Makan-makanan bergizi
Makan-makanan bergizi sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata. Sayur dan buah menjadi faktor yang paling penting untuk memenuhi keseimbangan gizi tersebut. Terutama makanan yang banyak mengandung vitamin A, beta karoten, maupun nutrisi lainnya.

2. Kontrol gula berlebih
asupan gula berlebihan ternyata merupakan salah satu penyebab mata minus. Oleh karena itu, kontrol asupan gula Anda. Gula yang berlebihan juga memicu penyakit lainnya bukan?

3. Hindari kebiasaan buruk
Kebiasaan buruk memang kebiasaan yang susah dihilangkan. Apalagi di jaman serba mudah seperti sekarang ini. Namun, jika Anda ingin terhindar dari mata minus di usia remaja segera hindari kebiasaan seperti : 
  • membaca di tempat gelap
  • membaca sambil tiduran
  • membaca terlalu dekat
  • menulis terlalu dekat
  • menonton tv terlalu dekat 
  • menggunakan laptop atau komputer terlalu dekat
4. Latihan mata
Latihan mata juga bisa mencegah mata minus datang di usia muda. Caranya dengan membiasakan melihat berbagai objek dengan jarak jauh dengan teratur. Sehingga mata tidak hanya terfokus pada jarak dekat saja. Selain itu, ada juga gerakan-gerakan mata sebagai olahraga mata agar otot-otot mata lebih elastis dan kuat.

5. Istirahatkan mata
Saat melakukan kegiatan yang menuntut fokus mata, jangan lupa untuk selalu memberikan jeda waktu istirahat mata. Berjalanlah keluar ruangan dan lihat obyek jarak jauh. Lebih disarankan melihat obyek dengan warna segar seperti tanaman hijau. 

Mencegah mata minus di usia muda pada prinsipnya mudah asal ada niat di awal untuk menjaga mata tetap sehat. Mata minus merupakan gangguan mata yang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari dan juga bisa bertambah seiring masa pertumbuhan kita. Oleh karena itu, jaga kesehatan mata dengan baik di usia muda.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top