Tips Ampuh Atasi Kecanduan Kopi

Hari gini siapa sih yang tak suka kopi? 
Kedai kopi bermunculan dimana-mana, mulai dari warung kopi hingga cafe kopi. Berjamurnya tempat ngopi tentu mengisyaratkan bahwa kopi kini diminati hampir seluruh masyarakat. Kopi seakan-akan menjadi minuman wajib sebelum memulai aktivitas. Kopi seolah telah mencandu dalam kehidupan kita.

Tips Ampuh Atasi Kecanduan Kopi

Salah satu kandungan dalam kopi yang bersifat stimulan yang menyebabkan kecanduan adalah kafein. Kafein pada dasarnya memiliki manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi secara tepat. Konsumsi kopi yang mengandung kafein ini disarankan 2-3 gelas per hari. 

Apabila konsumsi kafein kita berlebihan maka bisa mengakibatkan kecanduan akut. Kita tak lagi semangat dan merasa lemas sebelum mengonsumsi kopi. Untuk itu, kecanduan kopi perlu diatasi agar tidak semakin berpengaruh negatif pada tubuh. Berikut ini beberapa tips ampuh atasi kecanduan kopi.

1. Kurangi kopi perlahan-lahan
Mengatasi kecanduan kopi harus dikurangi secara perlahan-lahan. Tubuh yang telah terbiasa menerima kafein akan merasakan cemas, gelisah dan mudah lelah jika tidak menerima asupan kafein. Sebaiknya, kurangi jumlah gelas yang Anda minum setiap harinya secara perlahan-lahan. 

2. Cari minuman alternatif
Minuman alternatif lain bisa saja masih mengandung kafein namun dengan kadar kafein yang sangat rendah. Dengan demikian, fokus akan minum kopi berangsur teralihkan pada minuman pengganti. Lebih baik lagi jika minuman alternatif tersebut merupakan minuman sehat. 

3. Perbanyak minum air putih
Saat Anda bepergian kemana-mana jangan lupa untuk selalu membawa air putih. Air putih akan  membantu tubuh untuk tetap segar dan bugar meskipun tanpa minum kopi. 

4. Bergaul dengan orang yang tepat
Tak ada gunanya usaha yang Anda lakukan jika masih bergaul dengan sesama pecinta kopi. Keinginan untuk minum kopi kembali akan semakin besar. Untuk sementara waktu, berkumpulah dengan orang yang sama-sama sedang ingin mengurangi kecanduan kopi. 

5. Olahraga dan meditasi
Olahraga sangat bagus untuk menunjang keberhasilan mengatasi kecanduan kopi. Olahraga membantu mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh sekaligus membuat badan tetap segar dan stamina kuat. Olahraga juga akan mendorong konsumsi air putih semakin tinggi. Namun, jika Anda berhalangan bisa juga dialihkan dengan menggunakan teknik meditasi yang tepat. 

Kecanduan kopi memang hal yang susah untuk ditinggalkan. Namun dengan niat yang kuat dan cara yang sesuai maka kecanduan kopi pun dapat teratasi. Efek-efek kecanduan kafein seperti mudah cemas, marah dan cepat lelah dapat diatasi dengan baik.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top