5 Penyakit yang Disepelekan, Ternyata Sangat Menular

Semua orang tidak akan pernah ingin merasakan sakit karena terserang penyakit. Namun, meskipun pola hidup sehat sudah kita terapkan semaksimal mungkin, pasti kita pernah merasakan sakit selama hidup. Penyakit bisa datang kapan saja dan darimana saja. Saat kondisi tubuh kita tidak dalam keadaan optimal, maka penyakit bisa lebih mudah menyerang.

5 Penyakit yang Disepelekan, Ternyata Sangat Menular

Kadang, penyakit yang menyerang justru datang dari orang terdekat yang tidak kita sadari. Penyakit yang selama ini mungkin kita anggap sepele namun ternyata sangat menular. Nah, berikut ini 5 penyakit yang disepelakan, namun sangat menular. 

1. Tipes
Tipes (tifus) adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella. Bakteri ini menyebabkan infeksi pada usus halus. Penyakit ini membuat orang merasa demam, sakit kepala, sakit di bagian perut, denyut jantung menurun dan hilang nafsu makan. Tipes merupakan penyakit yang bisa menular karena kebaradaan bakteri salmonella. 

2. Diare
Diare seringkali disebabkan oleh kontaminasi virus atau bakteri. Kontaminasi ini menyebabkan seseorang buang air besar secara terus menerus dengan kotoran yang tidak normal. Diare bisa menular karena kebersihan yang kurang terjaga sehingga bakteri atau virus bisa berpindah. 

3. Polio
Polio merupakan penyakit yang dapat menular melalui kontak langsung dengan penderita. Polio menyerang otot dan syaraf tubuh. Sehingga, orang yang terkena polio tampak seperti cacat dari lahir. Polio banyak menyerang anak kecil dan bayi.

4. Demam Berdarah Dengue (DBD)
Demam berdarah adalah penyakit yang ditularkan melalui perantara nyamuk Aedes aegeypti betina. Nyamuk ini membawa virus dengue yang dapat ditularkan dengan menggigt penderita. Orang yang tertularkan virus ini akan merasakan hal yang sama dengan penderita.

5.Cacingan
Cacingan dapat ditularkan melalui sanitasi dan pola hidup yang buruk. Cacingan menyebabkan tubuh tidak dapat berkembang dengan baik. Cacing yag terdapat di dalam tubuh bisa dikeluarkan melalui tinja dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Penyakit yang sering kita anggap sepele ini umumnya dapat ditularkan melalui kontak langsung maupun tidak. Namun, umumnya faktor kebersihan yang kurang dan daya tahan tubuh yang lemah menjadi pintu masuk penularannya. Oleh karena itu, penularan penyakit ini dapat kita cegah dengan menjaga kebersihan dan pola hidup yang sehat serta kontak langsung dengan penderita. 

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top