Ini Alasan Tertawa Baik Bagi Kesehatan

Semua orang tentu pernah tertawa. Saat tertawa, apa yang Anda rasakan? Apakah Anda merasa bahagia? Hampir semua orang mungkin akan berkata bahwa setelah tertawa perasaan mereka menjadi lebih baik. 

Ini Alasan Tertawa Baik Bagi Kesehatan

Tertawa bukan hanya hal yang simple dan mudah dilakukan. Tertawa ternyata banyak manfaatnya. Tertawa memang baik bagi kesehatan, baik secara psikologis maupun medis. Mari kita kupas beberapa alasan tertawa baik bagi kesehatan.

1. Menghindari stres

Tertawa dapat menghindarkan diri dari stress. Bahkan, di saat stress, tertawa dapat meringankan beban pikiran. Tertawa juga dapat membantu meningkatkan produksi antibody di dalam tubuh. Tubuh menjadi lebih kebal terhadap penyakit.

2. Melancarkan aliran darah

Secara medis, tertawa dapat melancarkan aliran darah sehingga otot dan pembuluh darah akan meregang. Otot-otot yang kaku akibat rutinitas sehari-hari juga akan menjadi lebih rileks saat tertawa.

3. Menghindari kegemukan

Tertawa dapat membakar kalori karena gerakan tertawa efektif melenyapkan kalori sebanyak 10-40 kalori setiap menit. Nah, jika Anda ingin tetap langsing dan terbebas dari timbunan lemak jahat di perut maka tertawa bisa menjadi solusi yang sederhana.

4. Menyehatkan jantung

Tertawa juga bisa berpengaruh pada kesehatan jantung. Pasalnya, saat kita tertawa, otot diafragma yang berada di dalam jantung akan berkontraksi sehingga membuat jantung tetap sehat. Selain itu, tertawa juga dapat mengurangi inflamasi, melindungi dari penyakit kardiovaskuler, hipertensi dan resiko serangan jantung.

5. Meningkatkan mood

Saat tertawa otak akan merespon sinyal baik. Secara otomatis, sinyal tersebut akan menurunkan tingkat stress, cemas dan meningkatkan mood. Hormon endorphin inilah yang terbentuk untuk menstimulasi rasa bahagia di otak.

Anggapan bahwa tertawa dapat membuat orang awet muda rupanya bukan isapan jempol semata. Fakta medis dan psikologis membuktikan bahwa dengan tertawa banyak sekali manfaat kesehatan yang dapat diraih. Bahkan, otot-otot wajah juga senantiasa menjadi lebih kencang. Sebaliknya, jarang tertawa dapat membuat Anda terlihat lebih tua. Jadi, masih adakah alasan untuk tidak tertawa?

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top