Cobalah, 5 Makanan Ini Membantu Cepat Tidur

Salah satu gangguan tidur yang paling sering terjadi adalah sulitnya memejamkan mata di malam hari. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan gangguan tidur tersebut. Diantaranya disebabkan oleh faktor cuaca, kesehatan, beban pikiran dan gangguan lainnya.

Cobalah, 5 Makanan Ini Membantu Cepat Tidur

Sulit tidur dapat membuat kuantitas dan kualitas tidur Anda berkurang. Akibatnya, rutinitas harian Anda dapat terganggu. Salah satu solusi untuk mengatasi sulitnya tidur di malam hari adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Makanan yang dapat membantu Anda dapat tidur lebih cepat. Berikut ini beberapa makanan yang disarankan untuk Anda.

1. Labu siam

Labu siam mungkin lebih dikenal sebagai sayuran penurun darah tinggi yang mujarab. Ternyata, tak hanya itu, labu siam juga baik dikonsumsi untuk membantu Anda tidur lebih cepat. Labu siam memiliki kandungan air yang banyak sehingga dapat membantu suhu tubuh tetap stabil. Mengonsumsi labu siam saat makan malam dapat membuat tidur Anda lebih mudah.

2. Mentimun

Mentimun seringkali dihidangkan sebagai pendamping makanan yang menyegarkan. Mentimun juga tak hanya bermanfaat bagi kesehatan namun juga bagi kecantikan. Salah satu manfaat mentimun bagi kesehatan yaitu membantu membuat tidur lebih mudah. Mentimun terdiri dari 95% air yang secara alami rendah kalori, lemak, kolesterol dan sodium. Mentimun berperan untuk menguras racun dalam tubuh dan meningkatkan hormon melatonin penyebab kantuk.

3. Labu

Jenis labu yang satu ini adalah labu buah yang sering juga disebut waluh atau labu kuning. Labu ini bisa digunakan sebagai campuran es buah, puding atau kolak yang lezat. Labu kuning kaya akan kalium dan serat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Labu kuning juga bermanfaat untuk menstabilkan kadar gula darah. Oleh karena itu, mengonsumsi labu kuning dapat pula membuat tidur Anda lebih mudah dan nyenyak.

4. Gambas atau Oyong

Gambas atau oyong ini umumnya ditemukan pada sayur bening yang sehat dan menyegarkan. Selain mudah dicerna, sayuran ini juga baik untuk mendinginkan tubuh yang panas. Gambas mengandung serat, vitamin dan mineral, serta beberapa senyawa kimia yang baik bagi kesehatan seperti saponin triterpen, luffein, citruline, cucurbitacin dan sebagainya. Selain itu, kandungan kalorinya juga rendah dengan kandungan air yang melimpah. Oleh karena itu, gambas atau oyong dapat membantu membuat tidur Anda lebih cepat.

5. Kentang Panggang

Kentang seringkali dituding sebagai makanan yang tidak sehat. Padahal, banyak nutrisinya yang baik bagi kesehatan. Hanya saja, perlu diperhatikan cara pengolahan dan bahan tambahan saat penyajian. Kentang panggang merupakan salah satu proses pengolahan kentang yang baik. Kentang berukuran sedang mengandung sekitar 164 kalori, 37 gram karbohidrat, 4,3 gram protein, 0,2 gram lemak, 4,7 gram serat pangan, dan sama sekali tidak mengandung kolesterol. Mengonsumsi kentang saat makan makan dapat membantu Anda lebih cepat kantuk dan tidur lebih nyenyak.

Nah, jika Anda sering mengalami kesulitan tidur saat malam hari, cobalah salah satu dari kelima makanan diatas. Anda akan bisa tidur lebih cepat dan lebih nyenyak. 

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top