Manfaat dari Pahitnya Pare Untuk Kesehatan

Kita pasti sudah taka sing lagi dengan sayuran pahit yang satu ini. Pare atau paria dengan nama latin momordica charantina merupakan tanaman yang merambat dengan buah mirip ketimun dengan kulit keriput dan memiliki rasa yang khas, pahit. Pare di beberapa negara seperti Meksiko dan Brazil sering digunakan sebagai bahan obat. Sedangkan di Indonesia sendiri, pare seringkali dimanfaatkan sebagai campuran sayur.

Manfaat dari Pahitnya Pare Untuk Kesehatan

Pare yang barangkali sering kita konsumsi ini memang memiliki khasiat bagi kesehatan. Pare mengandung charantin, vicine dan kandungan bioaktif lainnya yang dapat mencegah beberapa penyakit sekaligus menyehatkan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat dari pahitnya pare untuk kesehatan tubuh.

1. Mencegah diabetes
Pare dikenal juga sebagai penangkal diabetes yang ampuh. Pahitnya pare mengandung antidiabetes yang dapat menekan peningkatan gula darah dalam tubuh setelah makan. Cara ini merupakan cara alami untuk mencegah resiko diabetes.

2. Menekan sel kanker
Pare memiliki kandungan zatlesichin yang bermanfaat untuk menekan sel kanker sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, pare sangat berkhasiat pada wanita yang rentan terkenan kanker serviks dan kanker payudara.

3. Menstabilkan berat badan
Mengonsumsi pare bisa menjadi pilihan untuk menstabilkan berat badan Anda. Secangkir pare rata-rata memiliki 16 kalori yang mampu mengontrol nafsu makan dan membuat perut terasa cepat kenyang. Jika Anda ingin berat badan ideal, masukkan pare ke dalam menu sayuran Anda.

4. Membersihkan darah
Cara lain menikmati pahitnya pare yaitu dengan cara di jus. Jus pare berkhasiat untuk membersihkan darah Anda. Konsumsi jus pare pada pagi dan malam hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Melawan HIV/AIDS
Pare juga mengandung protein alpha-momocharin atau MAP 30 yang bermanfaat untuk melawan perkembangan HIV. Pare meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada penderita AIDS. Hal ini merupakan hasil penelitian pada pengidap AIDS yang diberi ekstrak pare.

6. Melancarkan sistem pencernaan
Meskipun rasanya pahit, pare ampuh mengatasi masalah pencernaan. Hal ini karena kandungan serat, vitamin C, kalium dan karoten di dalam pare. Mengonsumsi sayuran dengan bahan pare dapat melancarkan sistem pencernaan Anda.

7. Menyembuhkan asma
Menurut penelitian, pare dapat menyembuhkan asma karena respon pare terhadap indera pengecapan sehingga sel saluran pernapasan ikut aktif. Akibatnya, saluran pernapasan menjadi luas dan masuknya aliran udara menjadi lebih kuat. Kondisi ini dapat membantu meringankan asma.

Pare yang memiliki rasa khas pahit ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Bahkan, beberapa sumber menyebutkan khasiat pare untuk menurunkan demam, bisul, disentri amuba, wasir, bronchitis, malaria, dan penyakit kuning. Melihat banyaknya manfaat pare untuk kesehatan nampaknya rasa pahit pada pare menjadi ciri khas dan bukan penghalang untuk mengonsumsinya.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top