7 Aktivitas yang Berbahaya Untuk Mata

Seringkali kita tidak menyadari pentingnya menjaga kesehatan mata dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Padahal, seperti bagian tubuh yang lain, mata juga perlu dirawat dan dijaga saat beraktivitas. Melakukan aktivitas secara hati-hati dan menggunakan perlengkapan yang tepat dapat menjaga kesehatan mata kita.


Nah, berikut ini beberapa aktivitas sehari-hari yang harus Anda waspadai untuk mencegah kerusakan mata. 

1. Bekerja Outdoor

Melakukan aktivitas di luar ruangan seperti bekerja di lapangan dapat membuat mata terpapar sinar matahari secara langsung. Sinar ultraviolet dapat memicu beberapa penyakit mata seperti katarak, degenerasi macular hingga kerusakan retina. Sebaiknya, gunakan alat bantu saat bekerja di luar ruangan seperti kacamata anti uv agar mata tetap terjaga kesehatannya. 

2. Menonton Televisi

Terlalu lama dan terlalu dekat saat menonton televisi juga bisa membuat mata cepat rusak. Beberapa gejala yang sering dirasakan yaitu mata lelah, pusing, penglihatan kabur hingga komplikasi penyakit mata lainnya. Oleh karena itu, membatasi waktu menonton tv dan menonton dalam jarak yang ideal menjadi pilihan yang bijak. Mata tetap terlindungi dan 

3. Bekerja di Depan Monitor

Bekerja di depan layar monitor baik laptop maupun komputer dalam jangka waktu lama juga bisa berbahaya bagi mata. Layar monitor memancarkan radiasi yang menyebabkan Computer Eye Syndrome. Cara terbaik menyiasati aktivitas ini yaitu dengan melakukan metode 20/20/20. Artinya, secara kontinu mengistirahatkan mata setiap 20 menit selama 20 detik dengan mengalihkan pandangan sejauh 20 meter. 

4. Merokok

Aktivitas merokok tidak hanya berbahaya bagi kesehatan tubuh, namun juga berbahaya bagi mata. Seorang perokok berpotensi mengalami kebutaan 2 kali lebih besar. Hal ini akibat melemahnya sirkulasi nutrisi pada retina dan lensa. Sebaiknya, secara perlahan segera tinggalkan kebiasaan merokok untuk menjaga kesehatan tubuh dan mata Anda.

5. Memotong rumput

Memotong rumput berpotensi menimbulkan serpihan tanah, debu dan partikel lainnya yang bisa masuk ke dalam mata. Biasanya, resiko yang sering muncul yaitu iritasi pada mata da goresan pada kornea. Sebaiknya, gunakan kacamata pelindung saat memotong rumput untuk menjaga mata Anda.

6. Membersihkan Rumah 

Membersihkan rumah berpotensi menimbulkan debu dan percikan bahan kimia. Debu dan kandungan bahan kimia yang tersentuh pada mata dapat memicu iritasi hingga kerusakan mata serius. Sebaiknya, gunakan pelindung mata seperti kaca mata saat membersihkan mata. 

7. Berenang

Berenang tanpa menggunakan kacamata renang juga bisa berbahaya. Air kolam mengandung kaporit yang bisa menimbulkan iritasi pada lapisan kornea mata. Selain itu, air kolam yang kotor juga berpotensi membawa beberapa kuman penyakit. Oleh kara itu, jangan pernah lupa untuk menggunakan kacamata saat berenang.

Aktivitas sehari-hari bisa menjadi berbahaya bagi mata jika tidak kita waspadai. Melakukan dengan cara yang benar dan mengguakan pelindung mata yang tepat merupakan cara terbaik menghindari kerusakan mata akibat aktivitas tersebut. Mata adalah anugrah yang harus kita jaga dan rawat kesehatannya.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top