Pengaruh Stres Terhadap Kesehatan Tubuh

Stres merupakan gangguan pada mental dan emosional yang sering diakibatkan oleh permasalahan atau pilihan dalam hidup. Stres juga sering dikaitkan dengan tekanan hidup, tuntutan hidup atau ketegangan lain yang menjadikan beban pada pikiran. 

Pengaruh Stres Terhadap Kesehatan Tubuh

Ternyata, stres tidak hanya berpengaruh terhadap mental dan emosional saja. Orang yang sering stres, lambat laun juga akan mempengaruhi kesehatan fisiknya. Sehingga orang yang stres bisa dikenali dengan mudah dari kesehatan anggota tubuhnya. Nah, berikut ini pengaruh stres terhadap kesehatan anggota tubuhnya. 

1. Kesehatan Otak

Stres berawal dari ketegangan pikiran yang memicu gangguan pada mental dan emosional. Otak yang terlalu tegang dalam berpikir ini dapat mengakibatkan sakit kepala, gangguan tidur (insomnia), depresi, lebih mudah khawatir dan lebih sensitif memandang sesuatu. 

2. Kesehatan Rambut
Saat stres melanda, terjadi gangguan pada proses produksi hormon-hormon tertentu. Akibatnya, rambut mengalami kerontokan yang parah hingga menyebabkan kebotakan.

3. Kesehatan Mulut
Orang yang stres juga seringkali menyebabkan mulut terasa kering hingga menyebabkan sariawan. Jadi sariawan tidak hanya disebabkan kurangnya vitamin C, namun juga karena pikiran yang sedang stres.

4. Kesehatan Otot
Saat sedang stres, kita menjadi lebih mudah lelah, capek dan lesu. Bahkan, seringkali tubuh mengalami nyeri pada leher, punggung dan tulang belakang.

5. Kesehatan Jantung
Stres yang berlebihan juga menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga tekanan darah meningkat. Akibatnya, orang yang stres lebih mudah terkenan darah tinggi (hipertensi) dan penyakit jantung.

6. Kesehatan Paru-paru
Orang yang memiliki riwayat asma juga lebih rentan untuk kambuh. Bahkan, semakin parah tingkat stresnya dapat memperburuk kondisi kesehatannya.

7. Kesehatan Pencernaan
Stres juga bisa menyebabkan berbagai keluhan pada sistem pencernaan. Diantaranya : maag, sakit perut, gangguan usus, dan peradangan kronis. 

8. Kesehatan Organ Reproduksi
Pada wanita, stres berpengaruh terhadap siklus menstruasi dan kesehatan organ kewanitaan. Sedangkan, pada pria stres dapat berpengaruh terhadap impotensi dan ejakulasi dini. 

9. Kesehatan Kulit
Kesehatan kulit ternyata juga dapat dipengaruhi oleh kondisi stres. Biasanya orang yang stres lebih rentan terkena eksim, psoriasis, ruam merah, dan gangguan penyakit kulit lainnya. 

Ternyata, banyak sekali pengaruh stres terhadap kesehatan anggota tubuh kita. Oleh karena itu, penting sekali untuk mencegah stres datang menghampiri. Jangan lupa untuk merilekskan pikiran dengan refreshing dan hal menyenangkan lainnya serta kelola masalah yang dihadapi. Motivasi dan support dari orang terdekat juga penting untuk mengembalikan semangat.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top