Jangan Makan Ini Setelah Olahraga!

Olahraga adalah salah satu aktivitas fisik yang berdampak sangat baik bagi tubuh. Olahraga memperlancar peredaran darah, melancarkan metabolisme, meningkatkan kerja jantung hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan, bagi pelaku diet sehat, olahraga merupakan aktivitas pembakar lemak yang sangat cepat.

Jangan Makan Ini Setelah Olahraga!

Saat berolahraga pasti kita akan kehilangan banyak energi dan nutrisi dalam tubuh. Untuk itu, kita butuh makanan pengganti untuk memulihkan kondisi. Meskipun demikian, ternyata tak semua makanan baik dikonsumsi setelah berolahraga. Makanan berkalori tinggi sangat tidak disarankan karena dapat membuat olahraga menjadi sia-sia. Berikut ini beberapa makanan yang tidak dianjurkan dikonsumsi setelah berolahraga.

1. Makanan ringan 

Makanan ringan umumnya memiliki rasa asin karena komposisi di dalamnya. Meskipun makanan asin dapat menambah potassium dalam tubuh, namun sangat tidak dianjurkan dikonsumsi karena memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Jika ingin mengembalikan potassium dalam tubuh, konsumsilah pisang karena kandungan potasiumnya juga cukup tinggi.

2. Cokelat 

Coklat juga mengandung kalori yang tinggi sehingga sangat tidak dianjurkan dikonsumsi setelah berolahraga. Apalagi mereka yang berolahraga untuk mengurangi berat badan. Sangat tidak dianjurkan mengonsumsi coklat.

3. Minuman bersoda

Minuman bersoda dalam jumlah kecil juga mengandung kalori yang tinggi. Selain itu, minuman bersoda juga tidak baik dikonsumsi dalam waktu lama karena dapat berdampak pada kesehatan ginjal dan kadar gula darah.

4. Junk food

Junk food dikenal sebagai makanan minim nutrisi namun kaya akan kolesterol. Junk food juga tidak disarankan untuk dimakan setelah berolahraga karena dampaknya akan berbanding terbalik dengan tujuan olahraga.

5. Roti putih

Roti putih mengandung karbohidrat yang tinggi namun tidak memiliki nutrisi yang diperlukan tubuh setelah berolahraga. Tentu saja kurang pas jika mengonsumsi makanan berkarbohidrat saja setelah berolahraga.

6. Daging merah

Daging merah tidak disarankan dimakan setelah berolahraga karena sulit dicerna dan tidak bisa diubah menjadi sumber energi dalam waktu cepat. Makan daging merah setelah olahraga malah memberatkan organ pencernaan kita.

Nah, untuk memperoleh hasil maksimal dari berolahraga, sebaiknya makan-makanan yang mengandung nutrisi yang dapat mengembalikan energi dengan cepat. Hindari makanan berkalori tinggi seperti keenam makanan diatas.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top