7 Tips Meningkatkan Hormon Testosteron Pada Pria

Hormon testosteron merupakan hormon streoid yang memiliki peran penting bagi kesehatan. Hormon testosteron tidak hanya berfungsi terhadapt fungsi seksual, namun juga berperan dalam menjaga kekuatan otot dan tulang, serta menjaga persebaran lemak agar merata dalam tubuh. 

7 Tips Meningkatkan Hormon Testosteron Pada Pria

Kurangnya kadar testosteron dalam tubuh menyebabkan penurunan masaa otot, pengeroposan tulang, meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh dan mengganggu fungsi seksual. Seiring berjalannya usia, hormon testosteron akan mengalami penurunan. Namun, penurunan ini dapat dicegah dengan beberapa tips berikut ini. 

1. Menurunkan berat badan
Lemak yang berlebihan dapat menurunkan kadar testosteron. Sebuah penelitian dari University at Buffalo menunjukkan bahwa 40% dari pria obesitas memiliki kadar testosteron yang rendah. Jika tak ingin kadar testosteron Anda rendah dan terus menurun, hindari tumpukan lemak di tubuh dengan mengurangi berat badan.

2. Minum kopi
Kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh. Penelitian dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa meminum 5 cangkir perhari dalam sebulan mampu meningkatkan rasio testosteron hingga 200%. Namun, ingat juga efek mengonsumsi kafein terlalu banyak.

3. Mengonsumsi vitamin D
Vitamin D bisa Anda dapatkan dari makanan seperti susu, ikan salmon, dan olahan kedelai (tahu dan tempe). Dari penelitian yang diterbitkan oleh Hormone and Metabolic Research menemukan bahwa pria dengan kadar vitamin D yang tinggi memiliki kadar testosteron yang lebih tinggi pula.

4. Mengatasi stres
Saat stres, orang akan melepaskan hormon kortisol dalam jumlah besar. Kondisi tersebut menghambat produksi hormon testosteron dalam tubuh. Oleh karena itu, atasi segera kondisi stres yang Anda alami untuk mengurangi hormon kortisol dan meningkatkan hormon testosteron.

5. Cukup tidur
Kurang tidur bisa terjadi akibat terlalu padatnya aktivitas atau gangguan selama tidur. Menurut penelitian dari University of Chicago Medical Center, kurang tidur selama seminggu dapat menurunkan adar testosteron hingga 15%. Sebaliknya, orang yang cukup tidur, semakin banyak kadar testosteron yang beredar dalam darah.

6. Rutin berolahraga
Olahraga tidak hanya meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh. Ternyata, rutin berolahraga juga dapat meningkatkan kadar testosteron. Namun, olahraga yang berlebihan justru bisa menurunkan kadar testosteron hingga 40%. Sebaiknya, olahragalah secara teratur dengan skala sedang.

7. Makan kacang-kacangan
Produk kacang-kacangan seperti almond, walnut dan kacang tanah mengandung lemak tak jenuh tunggal. Jenis lemak ini dapat meningkatkan produksi hormon testosteron dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

Hormon testosteron memiliki peran yang sangat penting terutama bagi pria. Memiliki kadar testosteron dalam batas normal tentu sangat membantu meningkatkan kesehatan Anda hingga usia lanjut.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top