6 Kebiasaan Ini Bisa Timbulkan Sakit Kepala

Sakit kepala mungkin menjadi penyakit yang paling sering menyerang kita dalam aktivitas sehari-hari. Baik sekait kepala ringan yang dapat hilang dengan sendirinya, maupun sakit kepala berat yang perlu penanganan lanjutan. Sakit kepala tak boleh dianggap remeh. Karena, sakit kepala bisa juga menjadi awal penyakit lain yang lebih serius.


Secara sadar atau tidak, sebenarnya sakit kepala ini bisa muncul karena kebiasaan kita yang kurang baik. Kebiasaan ini memicu munculnya sakit kepala yang mengganggu aktivitas harian. Untuk lebih jelasnya, berikut ini 6 kebiasaan yang harus Anda waspadai agar tidak menimbulkan sakit kepala.

1. Kurang minum
Kebiasaan kurang minum dapat menyebabkan dehidrasi dan memicu sakit kepala. Segera penuhi kebutuhan air Anda minimal 8 gelas perhari, tergantung pada aktivitas harian. 

2. Kurang tidur
Kebiasaan kurang tidur dalam waktu yang cukupu sekitar 8 jam per hari juga dapat menimbulkan masalah sakit kepala. Selain kurang tidur secara kuantitas, sakit kepala bisa juga terjadi akibat tidur yang tidak nyenyak atau sering terganggu. Waspadai kebiasaan ini, jika tak ingin sakit kepala berkepanjangan.

3. Kurang makan
Kebiasaan melewatkan waktu makan sehingga tubuh terasa sangat lapar dan kurang makan dapat membuat kadar gula darah menurun. Akibatnya, rasa sakit kepala akan datang menghampiri. Sebaiknya, jangan tunda makan dan konsumsi camilan sehat saat lapar melanda.

4. Kurang gerak
Terlalu lama bekerja dalam posisi duduk menyebabkan tubuh kurang gerak. Akibatnya, peredaran darah terganggu hingga timbul sakit kepala. Mulai biasakan diri untuk bergerak dalam aktivitas apapun. Jika bekerja dalam posisi duduk, maka luangkan waktu untuk berjalan atau menggerakkan badan tiap beberapa menit sekali.

5. Memikul barang terlalu berat
Memikul barang di punggung terlalu berat dapat menekan otot pada bagian leher sehingga bisa memicu sakit kepala. Sama halnya saat kita membawa tas yang berat. 

6. Stres
Kebiasaan terakhir yang paling sering memicu sakit kepala adalah stres. Stres bisa terjadi kapanpun dan dimanapun. Baik di tempat kerja, di jalan, di sekolah bahkan di rumah. Selalu luangkan waktu untuk beristirahat, refreshing dan mengelola masalah untuk menghindari stres.

Keenam kebiasaan ini merupakan kebiasaan yang sering kita lakukan dalam aktivitas sehari-hari. Jika Anda mudah mengalami sakit kepala, analisa kembali penyebabnya. Apakah Anda sering melakukan salah satu dari keenam kebiasaan ini?

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top