Takut Bau Makan Jengkol? Hilangkan dengan Cara Ini!

Jengkol adalah makanan dengan cita rasa dan bau yang khas saat dikonsumsi. Jengkol kaya akan protein, zat besi, kalsium, fosfor dan berbagai kandungan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Tak heran jika jengkol dapat mengatasi anemia, mengontrol gula darah hingga memperlancar pencernaan.

Takut Bau Makan Jengkol? Hilangkan dengan Cara Ini!

Namun, satu hal yang membuat orang enggan makan jengkol adalah baunya yang menyengat. Tidak hanya bau mulut namun juga bau saat buang air kecil. Nah, jika Anda memang suka mengonsumsi jengkol, ada cara yang efektif untuk menghilangkan bau jengkol. Berikut ini beberapa caranya.

1. Gosok gigi
Cara paling mudah yang bisa langsung dicoba adalah menggosok gigi. Dengan menggosok gigi, kandungan asam yang menempel di gigi dan mulut dapat terkikis. Jika menggosok satu kali tidak cukup, lakukan hingga beberapa kali dengan pasta gigi beraroma menthol. Setelah itu, bisa dilanjutkan dengan berkumur menggunakan mouthwash.

2. Berkumur dengan daun sirih
Alternatif yang lain, bisa juga berkumur menggunakan air daun sirih yang direbus. Caranya, ambil beberapa lembar daun sirih lalu rebus dengan segelas air. Setelah air tersisa setengahnya, saring dan gunakan untuk berkumur. 

3. Minum susu
Minum susu juga bisa untuk menghilangkan bau mulut sekaligus menetralisir bau di dalam perut. Sehingga saat buang air kecil, bau jengkol bisa diminimalisir sekecil mungkin. 

4. Kunyah kopi hitam
Kopi hitam bisa menetraisir bau di mulut akibat makan jengkol. Caranya, cukup gosok-gosokkan kopi pada mulut dan kunyah. Lalu berkumur dengan air putih dan muntahkan. Bersihkan mulut dari kopi yang digunakan dan bau jengkol akan hilang.

5. Kunyah beras
Hampir sama dengan cara diatas, mengunyah beras bisa juga menetralisir bau jengkol. Ambil sedikit beras lalu kunyah hingga halus. Jangan ditelan, namun muntahkan. Berkumurlah dan asam dari jengkol yang menempel akan hilang.

6. Kunyah kencur
Kencur memiliki aroma khas yang bisa menutupi aroma jengkol. Selain itu, kencur mengandung antibiotik yang bisa membunuh bakteri penyebab bau mulut. Ambil sedikit saja kencur lalu kunyah. Setelah lembut, mutahkan dan bersihkan dengan berkumur.

7. Makan makanan beraroma tajam
Cara terakhir yaitu makan makanan yang beraroma tajam seperti durian. Bau jengkol yang menyengat akan tergantikan dengan bau durian yang lebih sedap. 

Nah, beberapa cara diatas bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau jengkol yang dikonsumsi. Sekarang, jangan takut bau lagi makan jengkol, hilangkan saja dengan cara yang Anda anggap paling mudah dilakukan.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top