Redakan Pedas Dengan 7 Makanan Ini

Makanan pedas selalu menggoda selera. Saat makan rasanya kita tak ingin segera berhenti menikmatinya. Meskipun ujungnya, lidah terasa pedas terbakar. Jika sudah kepedasan, bergelas-gelas air pun tak mampu menghilangkan rasa pedasnya. Malahan perut terasa makin penuh.


Nah, saat Anda mengonsumsi makanan pedas, sebaiknya sediakan terlebih dahulu beberapa makanan dibawah ini. Beberapa makanan dibawah ini terbukti ampuh meredakan rasa pedas di mulut dengan segera. Berikut beberapa makanan pereda rasa pedas tersebut.

1. Es batu
Air putih sebenarnya bisa meredakan rasa pedas di lidah, namun efeknya hanya sebentar saja. Setelah itu, rasa pedas kembali menyebar di lidah. Sedangkan, es batu lebih ampuh mengatasi rasa pedas dibanding air putih. Es batu membuat lidah lebih dingin sehingga rasa pedas dapat dikendalikan.

2.  Susu dan Yogurt
Susu dan produk turunannya seperti yogurt, keju, es krim, butter dapat meredakan rasa pedas di lidah. Susu memiliki kandungan kasien yang bisa memecah ikatan capsaicin yang terdapat pada makanan pedas. Maka dari itu, setelah makan makanan pedas sediakan susu atau produk turunannya sebagai pencuci mulut sekaligus penghilang rasa pedas.

3. Gula dan madu
Gula dan madu juga bisa menjadi bahan pereda rasa pedas. Caranya cukup dengan meletakkan gula batu atau gula pasir atau madu di lidah. Rasa manis dari gula dan madu mampu mengalihkan rasa pedas menjadi rasa manis. 

4. Cokelat
Coklat memiliki kandungan lemak yang dapat melarutkan capsaicin pada lidah. Coklat saja sudah cukup ampuh untuk meredakan pedas. Namun, jika ingin efek yang lebih cepat dan dahsyat, gunakan susu coklat karena selain mengandung lemak juga mengandung kasein.

5. Roti
Sepotong roti juga bisa menghilangkan capsaicin di lidah. Sehingga rasa terbakar di lidah hilang lebih cepat. Jika ingin efek yang lebih ampuh dianjurkan roti rasa coklat.

6. Lemon
Lemon mengandung rasa asam yang tinggi. Rasa asam ini bisa menetralkan capsaicin yang menempel di mulut. Selain lemon, buah dengan rasa asam yang tinggi seperti jeruk, nanas, markisa, tomat juga bisa digunakan.

7. Alpukat dan Pisang
Alpukat dan pisang bisa juga digunakan untuk meredakan rasa pedas. Tekstur dan rasa creamy dari kedua buah ini dapat menghilangkan capsaicin di lidah.

Nah, itulah ketujuh makanan yang dapat Anda persiapkan terlebih dahulu sebelum menikmati makanan pedas. Setelah menikmati makanan pedas, Anda tak akan lagi merasakan rasa pedas yang menempel di lidah.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top