7 Tips Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari

Pagi hari memang saat yang menggoda untuk tidur kembali. Suasana yang tenang dengan udara yang sejuk memang kerap membuat kelopak mata susah dibuka. Bahkan, setelah bangun tidur, rasa ngantuk di pagi hari sangat berat untuk ditinggalkan. Tak jarang kita pun tertidur pulas setelah bangun.

Tapi, tidur di pagi hari tidak dianjurkan secara medis maupun agama. Kebiasaan tidur di pagi hari bukanlah kebiasaan yang baik. Selain bisa mengganggu aktivitas, tidur di pagi hari juga rentan membuat rasa malas dan pusing setelah bangun. Oleh karena itu, kebiasaan tidur di pagi hari ini harus dihilangkan. Caranya dengan menghilangkan rasa ngantuk di pagi hari. 

Rasa ngantuk yang merupakan pemicu utama tertidur di pagi hari dapat dihilangkan dengan beberapa tips dibawah ini. 

1. Atur Jam Tidur Anda
Penting sekali untuk mengatur waktu tidur kita setiap hari. Usahakan tidur 8 jam sehari dengan tidur di awal waktu (malam hari) dan bangun di pagi hari. Tidur dalam jumlah yang cukup dan kualitas yang baik akan membuat badan terasa segar dan tidak pusing saat bangun. 

2. Hindari di Dekat Gadget Saat Tidur
Saat tidur, sebisa mungkin jauhkan alat elektronik seperti laptop, hp, tablet, pemutar musik ataupun alat elektronik lainnya. Pasalnya, radiasi yang ditimbulkan dari gadget Anda dapat mengganggu kualitas tidur. Sehingga saat bangun, Anda masih merasa kurang tidur dan merasa mengantuk.

3. Padamkan Lampu
Tidur dalam keadaan gelap tidak hanya memudahkan saat hendak tidur, namun juga baik bagi kesehatan. Saat tidur ada hormon tertentu yang hanya bekerja di saat gelap. Dengan begitu, tubuh merasa rileks, tenang dan pulas saat tidur. Ketika bangun, Anda akan merasakan tubuh segar dan siap beraktivias.

4. Jangan Minum-minuman Beralkohol
Minuman beralkohol jelas tidak baik bagi kesehatan. Minuman beralkohol bahkan dapat membuat tidur terganggu. Bahkan saat bangun, Anda akan merasakan pening dan mual sehingga tidak dapat beraktivitas.

5. Kerjakan Sesuatu
Setelah bangun tidur, tinggalkan tempat tidur dan lakukan aktivitas. Mulai dari berjalan menuju kamar mandi,  wudhu dan sholat. Setelah itu, jangan kembali ke tempat tidur, namun kerjakan sesuatu. Dengan mengerjakan sesuatu maka tubuh akan bergerak dan otak akan bekerja sehingga rasa ngantuk hilang.

6. Olahraga Ringan
Olahraga ringan setelah bangun tidur efektif menghilangkan ngantuk. Lakukan pemanasan terlebih dahulu dengan peregangan otot. Selanjutnya, Anda bisa melakukan olahraga yang Anda suka. Jogging sambil menikmati suasana di pagi hari merupakan pilihan yang baik. 

7. Mandi
Jika masih merasa ngantuk padahal telah mengerjakan aktivitas diatas, maka segera mandi. Mandi cara yang ampuh menghilangkan ngantuk dengan cepat. Mandi dengan air dingin membangunkan syaraf dan otot-otot tubuh. 
Rasa malas dan ngantuk setelah bangun tidur di pagi hari memang mengganggu. Oleh karena itu, harus dilawan dengan melakukan aktivitas-aktivitas diatas. Gunakan waktu pagi hari dengan bermanfaat. Banyak orang sukses yang memulai aktivitas kesuksesannya di pagi hari.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top