6 Bahan Pengawet Alami Untuk Makanan

Makanan memiliki batas kadaluarsa yang berbeda-beda. Tergantung dari jenis makananannya dan kontaminasi mikroba yang merusak makanan. Untuk memperpanjang usia makanan tersebut diperlukan pengawet makanan. Pengawet yang paling aman digunakan untuk makanan adalah pengawet alami.

6 Bahan Pengawet Alami Untuk Makanan

Pengawet alami untuk makanan berasal dari bahan-bahan alami. Meskipun daya tahannya tidak sepanjang bahan pengawet buatan namun, penggunaannya lebih aman dan baik bagi kesehatan. Berikut ini 6 bahan pengawet alami untuk makanan yang bisa kita gunakan.

1. Garam
Garam sering digunakan sebagai pengawet daging, ikan, dan sayur. Garam dapat menyerap kandungan air dari makanan tersebut. Sehingga mikroorganisme perusak dan jamur pada makanan tidak dapat tumbuh dan berkembang. 

2. Gula Pasir
Gula pasir memiliki sifat menyerap air yang hampir sama dengan garam. Gula pasir dapat dimanfaatkan pada makanan seperti manisan kering, selai, jeli dan sejenisnya. 

3. Minyak Goreng
Minyak goreng dapat memperlambat proses oksidasi pada makanan. Proses oksidasi yang terjadi karena makanan bersentuhan langsung dengan udara dapat mempercepat rusaknya makanan. Minyak goreng juga dapat menghilangkan organisme yang merusak makanan. 

4. Cuka
Cuka mengandung asam asetat dalam jumlah yang tinggi. Kandungan inilah yang membuat cuka terasa sangat asam. Namun, kandungan ini pula yang mampu menghilangkan mikroba yang dapat merusak makanan. 

5. Cengkeh
Cengkeh merupakan pengawet alami yang sudah dipakai sejak ribuan tahun silam oleh penduduk India dan China. Cengkeh memiliki kandungan senyawa fenolik yang tinggi dan bersifat sebagai antioksidan. Kandungan tersebut yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur. 

6. Kayu Manis
Kayu manis juga memiliki senyawa yang dapat bertindak sebagai antioksidan. Senyawa inilah yang mampu membunuh mikroorganisme perusak makanan. 

Menggunakan bahan pengawet alami untuk memperpanjang usia makanan membuat makanan tetap sehat dan aman dikonsumsi. Oleh karena itu, selalu gunakan bahan pengawet alami untuk kesehatan kita. 

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top