Suka Kunyah Permen Karet? Ini Manfaatnya!

Kita tentu sudah tak asing lagi dengan jenis permen yang satu ini. Permen karet memang permen yang tak boleh ditelan dan memiliki tekstur yang lengket serta bisa digelembungkan. Permen karet memiliki rasa tertentu yang enak dimulut dan beraneka ragam warna. 

Suka Kunyah Permen Karet? Ini Manfaatnya!

Mengunyah permen karet mungkin bagi sebagian orang dianggap sesuatu yang sia-sia. Apalagi jika kandungan permen karet memiliki kandungan gula berlebih, bisa merusak gigi bahkan memicu penyakit. Namun kini, banyak permen karet dengan kandungan gula yang sehat bahkan bebas gula. Permen karet juga bukan aktivitas yang sia-sia, karena memiliki banyak manfaat. Nah, ini dia beberapa manfaat mengunyah permen karet. 

1. Menurunkan berat badan
Secara sadar atau tidak, mengunyah permen karet bisa menunda lapar, sehingga bisa mengontrol pola makan kita yang berlebihan. Selain itu, mengunyah permen karet juga membakar kalori. Sebaiknya, pilihlah permen karet yang bebas gula. 

2. Melancarkan pencernaan
Mengunyah permen karet akan meningkatkan produksi air liur dalam mulut. Air liur inilah yang berperan untuk menurunkan asam lambung dalam perut. Maka dari itu, mengunyah permen karet setelah makan juga dianjurkan. 

3. Menajamkan ingatan
Mengunyah permen karet dapat meningkatkan denyut jangtung sehingga pasukan oksigen ke otak melimpah. Hal ini sangat baik untuk menambah kekuatan konsentrasi dan menajamkan ingatan. 

4. Menghilangkan stress
Mengunyah permen karet juga efektif mereganggkan otot sehingga kondisi lebih rileks. Itulah sebabnya, banyak orang mengunyah permen sebelum melakukan hal yang ia takuti, agar kondisinya lebih nyaman. 

5. Kebersihan gigi
Mengunyah permen karet bisa mengurangi bau mulut, membantu membersihkan gigi hingga mencegah pembentukan plak gigi. Selain itu, permen karet yang dilengkapi rasa tertentu juga efektif menyegarkan mulut dan memutihkan gigi. 

6. Mengurangi kantuk
Mengunyah permen karet tentu saja membuat mulut kita bergerak aktif. Hal ini akan membuat kita lebih tersadar dan terhindar dari kantuk. 

Kebiasaan mengunyah permen karet memang memiliki banyak manfaat. Meskipun demikian, mengunyah permen karet juga harus dibatasi. Setidaknya kurang dari 3-4 kali sehari dan tidak lebih dari 10-15 menit dalam mengunyah. Hal ini merupakan catatan penting agar manfaat mengunyah permen karet tetap didapatkan dan tidak menimbulkan efek samping lainnya.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top