Lari Pagi 15 Menit Bikin Otak Cerdas

Lari adalah olahraga yang paling mudah dilakukan dan tanpa membutuhkan banyak modal. Lari dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Lari di pagi atau sore hari efektif selama 15-30 menit efektif untuk meningkatkan kecerdasan otak. Meskipun demikian, lari pagi lebih dianjurkan karena faktor udara yang masih segar dan bersih. 


Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian Dr. Kisou Kubota, bahwa olahraga seperti lari memiliki manfaat bagi otot dan otak. Penelitian ini dilakukan dengan serangkaian tes berbasis computer untuk membandikan kemampuan otak seseorang sebelum dan sesudah olahraga selama 12 minggu. Hasilnya, fungsi kognitif pada orang yang terbiasa lari, jauh lebih berkembang. 

Selain itu, penelitian lain tahun 2007 di Neurobiology of Memory and Learning mengungkapkan bahwa orang yang rutin berlari akan mengalami peningkatan kecepatan dalam belajar kosa kata hingga 20 persen. 

Lari pagi secara rutin tidak hanya meningkatkan kemampuan otak namun juga bisa memperbaiki memori dan mencegah resiko yang berkaitan dengan penurunan mental. Hal ini dikarenakan, lari dapat mempertahankan aliran darah dan oksigen untuk melindungi otak. Dengan demikian peredaran darah berjalan sempurna, kebutuhan oksigen terpenuhi secara maksimal sehingga otak juga dapat berfungsi secara optimal. 

Olahraga lari tak perlu dilakukan secara berlebihan, cukup 15-30 menit namun dilakukan secara rutin lebih bagus untuk meningkatkan kecerdasan otak secara maksimal. Mulailah dengan bangun lebih awal, lari pagi 15 menit dan rasakan hasilnya. Selamat mencoba!

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top