5 Tips Atasi Diabetes Secara Alami

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Meskipun demikian, hampir sebagian besar tidak mengetahuinya hingga terjadi gejala yang parah atau komplikasi. Diabetes pada dasarnya penyakit yang ditimbulkan karena tubuh kekurangan insulin atau muncul resistensi terhadap insulin pada sel-sel tubuh. Akibatnya, gula darah tidak terkontrol dan dapat meningkat drastis. 

5 Tips Atasi Diabetes Secara Alami


Gula darah yang tidak terkontrol menyebabkan kerusakan pembuluh darah, syaraf, dan organ tubuh. Hal ini dapat mengakibatkan komplikasi pada organ tubuh lain jika tidak segera diatasi. Begitu mengerikannya resiko yang ditimbulkan, maka sebaiknya segera periksakan gula darah Anda. Jika gula darah Anda tinggi dan merasakan beberapa gejala diabetes, ada baiknya simak 5 tips atasi diabetes secara alami berikut ini.

1. Kendalikan lingkar perut
Kegemukan dapat semakin memperparah resiko diabetes. Tumpukan lemak yang berpusat di lingkar perut dapat memicu komplikasi. Oleh karena itu, sebelum terlambat, kendalikan lingkar perut Anda. Pastikan lingkar perut berada dalam batas normal agar resiko diabetes dapat diminimalisir dan disembuhkan. 

2. Atur makanan yang dikonsumsi
Makanan memegang peranan yang sangat penting untuk mengatasi diabetes. Sebaiknya hindari gula dan produk berbasis gandum atau terigu karena memiliki indeks glikemik tinggi. Beberapa makaanan olahan dari bahan dasar tersebut yaitu cracker, cereal, pasta, bagel, dll. Makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang dapat merusak organ-organ tubuh.

3. Olahraga rutin
Olahraga memang aktivitas yang paling baik untuk menjaga kebugaran dan mengatasi penyakit. Olahraga dengan teratur dapat menurunkan resistensi insulin yang menjadi penyebab diabetes. Oleh karena itu, mulai saat ini biasakan untuk berolahraga. Olahraga yang Anda sukai, bisa olah fisik seperti aerobik maupun non aerobik. 

4. Keseimbangan hormon
Diabetes menyebabkan keseimbangan hormon terganggu. Biasanya, pada pria kadar hormon testosteronnya cenderung rendah. Begitu juga dengan kadar DHT (Dihydrotestosterone). Sedangkan pada wanita, kadar hormon estrogen biasanya juga rendah. Keseimbangan hormon ini dapat dilakukan dengan memberikan suntikan atau pil hormon untuk menaikkan kadar hormon yang rendah hingga seimbang. 

5. Konsumsi suplemen 
Kini di pasaran banyak tersedia suplemen yang dapat membantu Anda mengatasi diabetes. Namun, sebaiknya pilih suplemen yang berkualitas dan telah terbukti. Konsultasikan dengan dokter atau yang ahli dalam bidang obat-obatan. 

Diabetes yang tidak diatasi dengan segera dapat berefek jangka panjang dan menimbulkan komplikasi dengan organ-organ tubuh lainnya. Oleh karena itu, lakukan kontrol terhadap gula darah secara teratur dan waspadai gejala-gejala diabetes. Jika Anda terserang diabetes, maka segera lakukan beberapa tips diatas.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top