6 Makanan Penurun Darah Tinggi

Darah tinggi (hipertensi) adalah peningkatan tekanan darah di dalam arteri. Penderita darah tinggi berpotensi mengalami gagal jantung, stroke, kerusakan ginjal hingga serangan jantung. Umumnya gejala yang nampak pada darah tinggi yaitu pusing, pendarahan pada hidung, sakit kepala, wajah kemerahan dan kelelahan. Jika tak segera diobati maka efek berbahayanya yaitu pandangan menjadi kabur karena adanya kerusakan pada otak, sakit kepala, sesak nafas, kelelahan, mual, gelisah, mata, jantung dan ginjal.

6 Makanan Penurun Darah Tinggi

Salah satu kemungkinan dari darah tinggi yaitu kesehatan ginjal yang terganggu, kelainan hormonal, gaya hidup yang tidak aktif, konsumsi alkohol dan konsumsi garam yang terlalu tinggi. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk penderita darah tinggi. Makanan tersebut dapat menurunkan tekanan darah tinggi sehingga meminimalisir efek dan resiko yang ditimbulkan. Berikut ini 6 makanan penurun darah tinggi.

1. Alpukat
Alpukat mengandung asam oleat tunggal yang merupakan lemak tak jenuh. Di dalam asam oleat tersebut terdapat antioksidan yang tinggi sehingga dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, kandungan potasium dalam alpukat dapat mencegah pengendapat cairan dalam tubuh, menyeimbangkan elektrolit pada tubuh dan membantu menurunkan tekanan darah.

2. Bawang Putih
Bawang putih mengandung magnesium, fosfor dan juga bersifat terapuetik sehingga baik sebagai penurun darah tinggi. Menurut salah satu penelitian, bawang putih dapat menurunkan tekanan darah tinggi hingga 7-8%. Oleh karena itu, penggunaan bawang putih sebagai bumbu makanan maupun sebagai obat-obatan sudah terkenal di masyarakat.

3. Seledri
Seledri memiliki kandungan psoralen yang berfungsi menangkan radikal bebas. Selain itu, seledri juga mengandung magnesium dan fosfor sama seperti bawang putih yang berfungsi untuk menurunkan darah tinggi. Anda dapat menggunakan seledri sebagai penurun darah tinggi dengan merebusnya dengan air kemudian diminum sehari 2 kali. 

4. Cincau
Cincau dikenal sebagai minuman yang segar dan berkhasiat. Cincau diolah dari daun cincau segar. Daun cincau mengandung vitamin B, kalsium, fosfor dan senyawa S-S tetandrin yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Senyawa S-S tetandrin dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah sehingga tekanan darah lebih lancar.

5. Mentimun
Mentimun memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium yang ampuh untuk menurunkan darah tinggi. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa mentimun selalu hadir di menu masakan yang mengandung kolesterol tinggi. 

6. Pepaya
Pepaya memiliki kandungan vitamin A, vitamin C dan vitamin K dan kalium yang tinggi yang berfungsi untuk mengontrol natrium. Hal ini penting untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Pepaya juga mudah sekali ditemukan di sekitar kita. 

Menurunkan tekanan darah tinggi paling mudah dan tanpa efek samping adalah dengan mengkonsumsi makanan penurun darah. Namun, tentu perlu Anda lakukan secara sabar dan kontinu agar efek yang ditimbulkan maksimal. 

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top