Hentikan Kebiasan Merokok dengan Cara Ini!

Baru-baru ini kita disuguhkan dengan berita duka dari seorang pemuda (26 tahun) yang menghembuskan nafas terakhirnya karena kanker laring stadium 3. Penyakit ini terjadi lantaran kebiasaannya menghisap rokok sejak kecil. Pemuda tersebut adalah satu dari sekian banyak penderita yang merasakan akibatnya karena rokok.
Hentikan Kebiasan Merokok dengan Cara Ini!

Seperti yang kita tahu, bahwa rokok mengandung berbagai racun di dalamnya. Sehingga kebiasaan merokok tentu akan membawa dampak buruk pada kesehatan. Namun, bagi sebagian besar pecandu rokok, meninggalkan kebiasaan merokok bukan hal yang mudah. Rokok memang mengandung zat adiktif yang akan membuat pemakainya kecanduan. Oleh sebab itu, diperlukan upaya ekstra dan sungguh-sungguh jika memang ingin keluar dari kebiasaan tersebut. Berikut ini 5 tips yang dapat Anda coba jika ingin benar-benar berhenti dari kebiasaan merokok.

1. Niat, Tekad Kuat!
Mualilah dari niat yang kuat untuk memutuskan berhenti merokok. Lakukan untuk diri Anda sendiri dan orang sekitar Anda yang Anda sayangi. Tentu Anda tak ingin melihat keluarga Anda merasakan dampak dari kebiasaan merokok yang Anda lakukan. Tentu Anda juga tak ingin meninggalkan keluarga Anda karena akibat fatal dari rokok. Oleh karena itu, sayangi diri Anda dan keluarga dengan niat dan tekad yang kuat untuk berhenti merokok. 

2. Buang Rokok dan Pemicunya!
Buang rokok dan segala macam pemicunya seperti korek api, asbak dan kopi. Selalu bawalah permen atau camilan yang setiap saat menemani Anda. Hal ini dimaksudkan agar Anda berpaling dan tak ingat lagi pada rokok. Untuk sementara hindari juga toko yang menjual rokok dan sahabat yang merokok. Bergaulah dengan orang-orang yang tidak merokok.

3. Lakukan Hobi Baru dan Terapi!
Lakukan hobi baru yang benar-benar Anda inginkan sejak dulu. Lakukan dengan orang-orang dekat Anda yang tidak merokok. Nikmati hari-hari Anda penuh keceriaan dengan hobi baru. Sementara itu, disela-sela hal tersebut sempatkan diri untuk melakukan terapi untuk menghilangkan kebiasaan buruk. Lakukan dengan ahlinya agar Anda lebih cepat terbebas dari rokok.

4. Banyak Olahraga dan Minum Air!
Usahakan jangan ada waktu senggang yang membuat Anda ingat kebiasaan merokok. Isi waktu dengan olahraga hingga lelah. Sehingga Anda dapt tidur pulas karenanya. Jangan lupa juga perbanyak minum air. Bisa air putih bisa juga jus buah yang Anda sukai.

5. Denda Seinggi-tingginya!
Jika Anda benar-benar ingin berhenti merokok maka lakukan dengan sungguh-sungguh. Denda dengan jumlah yang tinggi jika Anda kembali ke kebiasaan lama. Denda jika Anda membeli rokok lagi dan menghisapnya. Jangan tanggung-tanggung dalam menjanjikan denda tersebut. Komunikasikan dengan istri atau sahabat atau orang tua agar Anda merasa malu jika harus kembali ke kebiasaan lama dan harus membayar denda. 

Kebiasaan merokok memang harus dihentikan sedini mungkin. Karena tubuh yang diisi dengan racun rokok makin lama makin rusak. Selamatkan diri Anda dan keluarga yang Anda cintai sekarang juga. Tak ada alasan lagi untuk merokok!

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top