4 Tips Merawat Kesehatan Mata

Mata merupakan anugrah yang diberikan kepada setiap makhluk hidup untuk dapat menikmati keindahan dunia. Oleh karena itu, sangat patut bagi kita untuk bersyukur dengan menjaga, merawat dan menggunakannya untuk kebaikan. Mata merupakan organ yang kita gunakan setiap hari dan baru akan beristirahat ketika kita pun beristirahat. Untuk mendapatkan mata yang selalu sehat setiap hari, diperlukan pula cara merawat kesehatan mata kita. Berikut ini beberapa tips merawat kesehatan mata agar dapat maksimal kita gunakan sehari-hari.


4 Tips Merawat Kesehatan Mata

1. Makanan yang bergizi
Langkah pertama yang harus Anda perhatikan adalah asupan makanan. Pilihlah makanan yang mengandung banyak vitamin yang berfungsi bagi kesehatan mata. Jika selama ini kita hanya menganggap wortel yang baik untuk mata, ternyata ada banyak lagi makanan yang dapat menjadi pilihan. Berikut ini beberapa makanan yang baik untuk kesehatan mata.
  • Makanan yang mengandung vitamin A, C dan E yang banyak terdapat pada buah-buahan dan wortel
  • Makanan yang mengandung antioksidan, seperti sayuran hijau, kuning telur, labu, ubi dan wortel 
  • Makanan yang mengandung sulfur, sisteina dan lesitin, seperti bawang putih, bawang bombay dan bawang merah 
  •  Makanan yang mengandung DHA atau asam lemak, seperti ikan salmon, mackerel dan cod 
  • Buah yang mengandung antosianin, seperti blueberry, anggur dan goji berry
2. Senam Mata
Selain asupan makanan yang baik, mata perlu juga dilatih dengan senam mata agar lebih fleksibel dan sehat. Senam mata ini bisa dilakukan saat Anda memiliki waktu luang. Berikut ini beberapa cara melakukan senam mata.
  • Gerakan memutar bola mata, caranya dengan melihat ke atas kemudian memutar bola mata secara perlahan sebanyak10 kali putaran searah jarum jam. 
  • Melatih fokus mata dengan cara, pegang sebuah pulpen dan perhatikan dengan baik, lalu secara perlahan dekatkan pulpen ke mata dengan jarak 12 cm dari hidung, dan jauhkan kembali. Ulangi sebanyak 10 kali. 
  • Lakukan gerakan memijat pada kedua pelipis dengan menggunakan ibu jari. Lakukan dengan memutar searah 20 kali dan berlawanan arah 20 kali. Lakukan pijatan yang sama di bagian tengah antara kedua alis, di bawah mata dan di batang hidung. 
3. Lakukan Kebiasaan Baik
Kebiasaan-kebiasaan baik penting sekali dilakukan dalam melakukan kegiatan seahri-hari agar mata terjaga dan terawat. Berikut ini beberapa kebiasaan baik yang bisa dilakukan.
  • Saat kita harus bekerja di depan layar komputer, membaca buku, menulis atau menonton tv sebaiknya gunakan jarak pandang yang ideal dan posisi yang ideal serta ruangan dengan cahaya yang tepat agar terhindar dari miopi atau rabun. 
  • Selalu gunakan pelindung mata saat berkendara atau di tempat yang kotor atau cahaya yang terlalu silau. Hal ini penting untuk menghindari debu dan cahaya yang terlalu berlebihan pada mata.
  • Istirahatkan mata dalam waktu yang cukup. Seperti bagian tubuh yang lain, mata juga perlu untuk beristirahat. Oleh karena itu, istirahatkan mata saat telah ada tanda-tanda kelelahan. 
  • Untuk menyegarkan mata Anda juga dapat mengambil potongan timun dan meletakkannya di atas kelopak mata. Diamkan selama 15 menit kemudian rasakan sensasi kesegarannya.
  • Untuk efek relaksasi Anda juga dapat mencoba menggunakan air hangat dan menggosokkannya dengan telapak tangan pada mata. Gosokkan selama lima menit dan ulangi hingga Anda merasa nyaman.
4. Hindari Kebiasaan Buruk
Ada beberapa kebiasaan buruk untuk mata yang harus kita hindari semaksimal mungkin. Berikut ini beberapa diantaranya.
  • Salah satu kebiasaan buruk yang sering kita lakukan adalah mengucek mata ketika terasa gatal. Hal ini merupakan kebiasaan yang kurang baik mengingat tangan memiliki berbagai kuman dan debu yang tidak terlihat. Oleh karena itu, jangan heran jika mata akan merah dan berair ketika dikucek.
  • Kebiasaan buruk lainnya yaitu merokok. Segera berhenti merokok sekarang juga jika tak ingin mengalami beberapa penyakit mata seperti katarak atau kerusakan saraf optik. 
Merawat mata tidak harus dengan perawatan yang mahal. Mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik dan asupan makanan yang baik akan membuat mata Anda sehat terawat. Lakukan di sela-sela aktivitas Anda agar kinerja semakin produktif dan mata tetap sehat.

Artikel Media Kita Lainnya :

2 comments:

Scroll to top