Tips Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Paru-paru adalah salah satu organ yang vital bagi tubuh kita. Paru-paru merupakan bagian dari sistem pernafasan yang berperan sebagai tempat pertukaran oksigen dan karbondioksida serta uap air. Oksigen merupakan udara bersih yang dibutuhkan oleh seluruh organ tubuh kita. Menjaga kesehatan paru-paru sama artinya dengan menjaga asupan udara bersih yang penting bagi kelangsungan organ tubuh. Ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru kita. Namun, secara sederhana ada 6 tips dapat  kita lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru seperti diuraikan dibawah ini. 


Tips Menjaga Kesehatan Paru-Paru

1. Stop merokok dan di lingkungan perokok
Kita tahu bahwa rokok mengandung banyak zat beracun di dalamnya. Menghisap rokok sama dengan memasukkan racun ke dalam tubuh. Racun akan masuk melewati saluran pernafasan hingga paru-paru. Maka tak salah jika kebiasaan merokok dapat menyebabkan kanker pada saluran pernafasan terutama paru-paru. Tak hanya merokok, bahkan bahaya ini lebih besar jika berada pada lingkungan perokok. Asap rokok yang masuk ke saluran pernafasan lebih berbahaya bagi penghirupnya. Oleh karena itu, stop kebiasaan merokok dan berada di lingkungan perokok.

2. Olahraga di pagi hari
Olahraga di pagi hari dapat melipatgandakan keuntungan yang Anda dapatkan. Olahraga dapat melancarkan seluruh sistem yang bekerja pada tubuh sekaligus membentuk daya tahan tubuh yang lebih kuat. Jika dilakukan pada pagi hari maka udara bersih yang sejuk bisa Anda dapatkan. Udara yang bersih membuat paru-paru bersirkulasi lebih sehat. Asupan ke organ tubuh pun menjadi lebih baik. Maka tak heran jika olahraga di pagi hari membuat tubuh bugar dan pikiran segar.

3. Sirkulasi udara yang baik di rumah
Keberadaan sirkulasi udara di rumah juga penting untuk bisa tercukupi. Udara yang keluar dan masuk diusahakan dapat berganti dengan baik agar udara di dalam rumah dapat terbarui dengan yang lebih segar. Udara yang segar menghindarkan penghuninya dari berbagai penyakit yang menyerang pernafasan seperti asma dan lainnya. 

4. Konsumsi makanan sehat
Makanan sehat yang disarankan dikonsumsi untuk kesehatan paru-paru adalah makanan yang mengandung antioksidan seperti sayuran berdaun hijau dan buah-buahan. Apalagi jika dikonsumsi secara segar setelah pencucian yang bersih. Makanan segar yang mengandung antioksidan memberikan perlindungan pada kesehatan paru-paru.

5. Hindari polusi udara
Polusi udara kini kian marak. Asap kendaraan bermotor, asap pembakaran sampah, asap pabrik dan asap-asap dari polusi lainnya mengandung zat kimia yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Lindungi diri Anda dari polusi udara misalnya dengan masker yang sesuai. Terutama jika Anda berada pada keramaian atau lingkungan berasap. Selain itu, Anda juga dapat memberikan sumbangan penangkal polusi dengan menanam pohon di sekitar rumah Anda dan uji emisi berkala pada kendaraan bermotor Anda. 

6. Lengkapi vitamin 
Kesehatan paru-paru dapat juga kita jaga dengan melengkapi konsumsi vitamin yang diperlukan paru-paru. Seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin D yang bagus untuk kesehatan paru-paru. Vitamin-vitamin tersebut bisa kita dapatkan dalam buah-buahan segar seperti wortel yang banyak mengandung vitamin A; jeruk, nanas, mangga strawberry, jambu biji yang banyak mengandung vitamin C. Bisa juga Anda penuhi kebutuhan vitamin dengan suplemen yang berkualitas.

Menjaga kesehatan paru-paru mutlak diperlukan oleh semua orang yang ingin hidup sehat dan bebas dari penyakit mematikan. Paru-paru adalah organ penting dalam tubuh kita. Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu menjaganya agar terus dapat merasakan nikmatnya hidup. Mulailah dengan cara yang mudah dan sederhana dari rumah Anda dan dari diri Anda sendiri.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top