Kuning Telur, Berjuta Manfaat Bagi Kesehatan

Anda lebih suka putih telur atau kuning telur? Mungkin sebagian dari Anda lebih memilih putih telur karena rasanya yang lebih enak dan mudah dicerna di tenggorokan. Selain itu, seperti dijelaskan sebelumnya "Akibat Terlalu Banyak Mengkonsumsi Telur", kuning telur juga memiliki zat yang dapat memicu penyakit jantung jika dikonsumsi terlalu banyak. Namun, mengkonsumsi kuning telur secara tepat akan memaksimalkan nilai gizi di dalam kuning telur.  Kuning telur tak hanya mengandung kolesterol namun juga mengandung beberapa komponen yang baik untuk kesehatan. Berikut ini manfaat kuning telur bagi kesehatan sekaligus menjawab mengapa Anda harus mengkonsumsi kuning telur dibandingkan putih telur.


Kuning Telur, Berjuta Manfaat Bagi Kesehatan

Lebih banyak vitamin
Dibandingkan dengan putih telur, kuning telur memiliki lebih banyak vitamin baik dari segi jenis maupun jumlahnya. Kuning telur dalam setiap butir mengandung tujuh vitamin penting seperti, vitamin B6, B12, vitamin A, D, E dan vitamin K. Vitamin-vitamin ini hanya ditemukan di kuning telur dalam jumlah yang besar. 

Lebih banyak mineral
Mineral merupakan salah satu zat gizi mikro yang berperan untuk mengelola fungsi tubuh seperti menyeimbangkan elektrolit sehingga penting bagi tubuh kita. Kuning telur dan putih telur mengandung 13 jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh seperti, kalsium, magnesium, besi, potasium, sodium, dan selenium. Meskipun sama-sama mengandung mineral namun jumlah kadarnya lebih banyak dimiliki oleh kuning telur. Kuning telur memiliki 90% kalsium dibandingkan dengan putih telur yang hanya 10%. Kandungan besi pada kuning telur mencapai 93% sedangkan pada putih telur hanya 7% saja. 

Kesehatan mata
Kuning telur mengandug karotenoid yang bermanfaat bagi kesehatan mata, khususnya karotenoid lutein danzaxanthin. Karotenoid merupakan pigmen pemberi warna kuning pada kuning telur. Karotenoid ini berperan dalam menurunkan resiko penyakit age-related degeneration dan katarak pada mata. Karoteoid merupakan antioksidan untuk mata yang dapat melawan radikal bebas yang merusak retina mata. Mengkonsumsi kuning telur dapat meningkatkan kemampuan fokus pada mata. 

Memperbaiki fungsi kardiovaskuler
Mengkonsumsi telur dalam jumlah yang tepat dapat membantu memperbaiki kesehatan jantung dan kardiovaskuler. Kandungan dalam kuning telur yang berperan dalam fungsi ini yaitu kolin. Kolin berfungsi untuk membantu untuk meregulasi fungsi kardiovaskuler sehingga kesehatan jantung tetap terjaga. Sebuah studi di University of North Carolina di Chapel Hill menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi makanan dengan kadar kolin yang tinggi memiliki kemungkinan 24% lebih kecil untuk mengalami penyakit kanker payudara dibandingkan mereka yang tidak.

Kuning telur memiliki manfaat yang lebih signifikan dibandingkan dengan putih telur. Namun, perlu dikonsumsi sesuai dengan batasan yang tepat atau tidak terlalu banyak. Setidaknya satu butir telur sehari cukup untuk mendapatkan manfaat dari kuning telur itu sendiri. Jumlah yang berlebihan justru dapat berakibat tidak baik bagi kesehatan. 

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top