6 Cara Aktif Meminimalisir Resiko Kanker

6 Cara Aktif Meminimalisir Resiko Kanker

Kanker merupakan penyakit beresiko kematian yang harus diwaspadai. Meskipun kini penanganan dan pengobatan kanker terus mengalami perkembangan, namun sebaiknya upaya pencegahan tetap selalu diutamakan. Pencegahan dilakukan dengan meminimalaisir resiko terkena kanker denngan menjalani pola hidup yang sehat dan teratur. Berikut ini 6 cara aktif meminimalisir resiko kanker yang harus Anda lakukan. 

1. Tidak Mengkonsumsi Tembakau
Semua jenis tembakau dapat menimbulkan kanker. Khususnya rokok yang banyak sekali dikonsumsi masyarakat Indonesia. Menghindari segala bentuk tembakau merupakan langkah nyata meminimalisir resiko kanker. Termasuk tidak menjadi perokok pasif. Hindari orang yang sedang merokok, karena paparan asapnya juga sangat berbahaya bagi kesehatan. 

2. Menkonsumsi Makanan Sehat
Memilih asupan makanan yang sehat dapat memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan tubuh sekaligus membuat daya tahan tubuh Anda lebih kuat. Hindari makanan rendah nutrisi seperti fast food dan junk food. Perbanyak konsumsi sayur dan buah Anda. 

3. Menjaga Berat Badan Ideal
Menjaga berat badan ideal dapat dilakukan dengan asupan makanan sehat, istirahat cukup dan yang paling penting adalah olahraga secara teratur. Kegiatan fisik seperti olahraga dapat mengendalikan berat badan Anda sehingga mencegah obesitas dan resiko kanker, seperti kanker usus dan kanker payudara. 

4. Melindungi Diri dari Sinar Matahari Langsung
Melindungi diri dari paparan sinar matahari langsung dapat meminimalisir resiko kanker kulit. Kanker kulit merupakan salah satu jenis kanker yang umum ditemukan dan paling mudah dicegah. Gunakan penutup atau beberapa lotion yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Meskipun bukan satu-satunya penyebab namun melindungi diri adalah langkah terbaik. 

5. Imunisasi
Beberapa jenis kanker karena infeksi virus dapat dicegah melalui imunisasi. Penting dilakukan imunisasi pada anak untuk imunisasi :
  • Hepatitis B
  • Hepatitis B dapat meningkatkan resiko Anda terkena kanker hati. Vaksinasi sangat direkomendasikan untuk semua bayi. Beberapa orang dewasa dengan resiko tinggi pun perlu diberikan vaksinasi.
  • Human papillomavirus (HPV)
  • HPV adalah termasuk virus yang ditularkan melalui kegiatan seksual yang dapat menimbulkan kanker serviks/mulut rahim. Bicarakan dengan dokter Anda tentang baik buruknya imunisasi untuk mengurangi resiko Anda terkena kanker.
6. Deteksi Diri
Deteksi diri dan pemeriksaan diri untuk jenis kanker tertentu dapat meminimalisir resiko kanker. Selain itu, deteksi diri dapat meningkatkan peluang untuk mengetahui kanker lebih dini sehingga peluang penyembuhan sangat besar. Pendeteksian dapat meliputi kulit, mulut, usus, dan rektum. Untuk seorang pria, pendeteksian dapat meliputi prostat serta testis. Sedangkan seorang wanita, tambahkan serviks/mulut rahim dan payudara.

Melakukan upaya untuk meminimalisir resiko kanker bukan berarti kita tak akan pernah terkena kanker, namun dapat memperbesar peluang untuk mendeteksi perubahan secara dini sehingga peluang penyembuhan lebih besar. Apabila terdapat gejala yang Anda rasakan ganjil sperti kanker maka segera periksakan diri Anda dan konsultasikan dengan dokter terkait.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top