Tipe-tipe Gangguan Tidur Pada Manusia

Tipe-tipe Gangguan Tidur Pada Manusia
Tidur merupakan istirahat jasmani dan rohani setelah melakukan banyak aktivitas untuk memulihkan kembali energi yang telah dipakai. Gangguan tidur yang menjangkiti sebagian orang bisa menyebabkan tidur tidak berjalan dengan sempurna. Akibatnya keletihan akan terus dialami, mudah stres, menurunkan stamina tubuh, dan bahkan dapat mengurangi prestasi dalam bekerja dan beraktivitas. Oleh karena itu, waspadai gejala gangguan tidur pada diri Anda. Ada beberapa tipe-tipe gangguan tidur yang biasa diderita oleh banyak orang, antara lain :

Gangguan yang timbul karena mimpi buruk
Saat mimpi buruk biasanya orang akan terbangun dengan kondisi ketakutan dan keringat dingin. Akibatnya, keesokan hari ia akan selalu memikirkan perihal mimpi yang dialaminya.Mimpi buruk bisa disebabkan oleh kurangnya persiapan saat akan tidur. Bisa juga karena faktor stres yang Anda alami karena banyak hal yang dipikirkan. Hampir setiap orang pernah mengalami gangguan tidur seperti ini, hanya kualitas dan intensitasnya saja yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebaiknya persiapkan diri ketika hendak tidur dan hilangkan semua pikiran dan beban.

Sleep Walking (tidur berjalan)
Gangguan tidur ini biasanya banyak dialami oleh anak-anak. Meskipun, ada juga orang dewasa yang mengalaminya. Aktivitas yang dilakukan pada saat berjalan dengan posisi tidur pun berbagai macam, ada yang membuka pintu, melakukan aktivitas biasanya seperti layaknya tidak tidur. Hal ini tentu sangat membahayakan apabila aktivitas yang dilakukan bersentuhan dengan benda-benda tajam ataupun kabel listrik yang mengandung arus. Berjalan sambil tidur bisa disebabkan faktor genetika, kondisi banyak pikiran dan stres serta penyebab lainnya. Jika Anda ataupun keluarga Anda ada yang sering menderita gangguan tidur seperti ini, sebaiknya sebelum tidur amankan rumah dari berbagai barang-barang berbahaya demi keselamatan.

Halusinasi
Halusinasi ataupun hypnagogic hallucination merupakan gangguan tidur yang dialami seseorang pada masa transisi saat akan mulai tidur dan sebelum tidur nyenyak. Halusinasi ini biasanya ditandai dengan gejala seseorang melihat sesuatu di kamar, atau mendengarkan suara-suara aneh di dalam kamarnya. Halusinasi bukanlah mimpi sebab ia terjadi sebelum seseorag betul-betul tertidur. Sebaiknya perbanyak doa sebelum tidur dan hilangkan ketakutan. Ada baiknya juga tidur dengan ditemani seseorang. 

Seksomnia dan insomnia
Seksomnia merupakan kebiasaan yang terjadi pada seseorang yang sedang tidur. Seksomnia dapat mengganggu karena dapat menimbulkan erangan, masturbasi serta bahaya kriminal yang mungkin akan muncul berupa pemerkosaan. Sementara insomnia merupakan penyakit gangguan susah tidur yang dialami oleh seseorang. Kesulitan tidur bisa diakibatkan oleh kurangnya aktivitas, stres dan banyak pikiran yang ada di kepala. 

Gangguan tidur teror malam
Teror malam biasanya terjadi pada awal-awal saat akan tidur. Penderita biasanya akan berteriak-teriak, meronta-ronta dan sebagainya. Teror malam juga bisa terjadi pada anak-anak dengan ditandai posisi bangun lantas duduk dan mata terbuka, padahal mereka tidak melakukan pandangan. 

Sonabulisme
Sonabulisme merupakan gangguan tidur yang terjadi dengan ditandai bunyi gemeretak pada gigi. Sonabulisme akan sangat mengganggu kenyamanan orang-orang yang tidur bersama penderita gangguan tidur yang satu ini. 

Tidur yang baik tanpa gangguan akan membuat tubuh terasa segar ketika bangun. Oleh karena itu, kenali tipe-tipe gangguan tidur Anda kemudia carilah solusinya. Tiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda, tentu berbeda pula cara penanganannya.

    Artikel Media Kita Lainnya :

    0 comments:

    Post a Comment

    Scroll to top