7 Kebiasaan Yang Dapat Merusak Gigi


7 Kebiasaan Yang Dapat Merusak Gigi

Gigi yang bagus dan tersusun rapi dapat meningkatkan kepercayaan diri pemiliknya. Anda tak ragu lagi untuk menebar senyum dan berbincang ke lawan bicara. Gigi yang sehat juga membuat makan menjadi nyaman. Namun, jika seiring perkembangannya waktu Anda tak sadar melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak gigi, maka tak mustahil jika Anda bakal kehilangan senyum indah itu. Nah, untuk mengantisipasinya Anda harus menghindari kebiasaan yang dapat merusak gigi tersebut. Berikut ini 7 kebiasaan yang dapat merusak gigi Anda.

1. Minum Susu
Susu merupakan sumber kalsium yang baik untuk tubuh. Namun, dibalik manfaat tersebut susu juga dapat menjadi penyebab rusaknya gigi. Susu mengandung pemanis atau gula yang dapat menjadi sumber makanan bagi bakteri-bakteri yang ada di dalam mulut. Apalagi jika Anda terbiasa minum susu sebelum tidur tanpa menggosok gigi setelahnya. Oleh karena itu, pastikan setelah sebelum tidur Anda harus terlebih dahulu menggosok gigi, agar kandungan pemanis atau gula yang ada di mulut tidak mengendap dan menjadi makanan bagi bakteri mulut.

2. Mengkonsumsi Asam
Sering mengkonsumsi makanan atau minuman asam dapat menyebabkan lepasnya mineral pada gigi. Meskipun hal ini sebenarnya dapat diatasi oleh saliva yang ada di mulut. Namun, jika terlampau sering maka bisa jadi akibatnya pun tetap terasa. Mineral-mineral pada gigi yang hilang dapat membuat gigi menjadi lebih sensitif dan berwarna kuning hingga gelap. Nah, untuk menghindari hal ini sebaiknya banyak mengonsumsi air putih sehabis makan atau minum asam, atau dengan menggunakan sedotan saat minum minuman asam, dan jangan langsung menggosok gigi sehabis mengonsumsi makanan atau minuman asam. Hal itu hanya akan menyebarkan asam ke seluruh gigi Anda. Tunggu kira-kira 30 sampai 40 menit sesudahnya. 

3. Berenang
Kebiasaan berenang di kolam renang yang diberi zat kimia dapat menyebabkan terjadinya warna kuning hingga coklat pada gigi. Biasanya perubahan warna akan terlihat pada gigi bagian depan. Jika Anda terbiasa renang dan sering renang maka antisipasi kebiasaan ini dengan menggunakan pelindung gigi saat berenang. 

4. Menggunakan Gigi Untuk Hal Lain
Kebiasaan sering membuka kemasan makanan dan penutup botol dengan gigi dapat menyebabkan gigi mudah patah dan merusak mahkota gigi. Oleh karena itu, sebaiknya hilangkan kebiasaan menggunakan gigi untuk hal lain yang dapat merusak gigi Anda.

5. Menindik Lidah, Bibir atau Pipi
Menindik area yang berdekatan dengan gigi dapat mengakibatkan infeksi pada daerah tersebut. Hal ini dapat memicu terjadinya gigi patah atau resesi gusi yang akhirnya dapat mengakibatkan rusaknya gigi Anda. Sebaiknya hindari menindik bagian-bagian tersebut.

6. Mengunyah Es Batu
Kebiasaan mengunyah es batu juga merupakan kebiasaan yang dapat merusak gigi karena dapat merusak email gigi. Semakin banyak email gigi terkelupas maka semakin rentan kerusakan gigi Anda. Apalagi jika Anda memiliki tambalan gigi. Maka sebaiknya hindari kebiasaan tersebut. 

7. Bulimia
Bulimia adalah kelainan dalam makan yang biasanya ditandai adanya keinginan untuk memuntahkan kembali apa yang telah dimakannya. Jika hal ini terjadi maka makanan akan kembali dari perut melalui jalur makanan masuk, yang akan membuat kandungan asam kontak langsung dengan gigi. Terlalu sering kontak dengan asam akan membuat gigi mudah rusak. 

Gigi yang sehat dan terawat akan membuat diri Anda lebih percaya diri. Oleh karena itu, hindari 7 kebiasaan yang dapat merusak gigi. Ubah kebiasaan tersebut menjadi kebiasaan yang baik. 

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top