Tips Mudah Menjadi Pria Dewasa

Secara fisik, seseorang dianggap dewasa ketika sudah melewati masa pubertas dan matang secara seksual yang memungkinkan dia untuk bereproduksi dan memiliki keturunan. Sedangkan, secara hukum dewasa adalah ketika seseorang mencapai usia 17 tahun, di mana dia dianggap sebagi sebuah seseorang yang independen, memiliki KTP, berhak untuk bekerja, untuk menikah, dan untuk ikut serta dalam pemilu. Tentu saja hal ini tidak salah, namun juga tidak sepenuhnya benar. Dewasa bukan hanya soal usia namun, dewasa menyangkut kematangan emosional dan karakter seseorang. Kemampuan untuk mengambil keputusan yang benar, dan bersikap dalam berinteraksi dengan orang lain. 

Menjadi dewasa adalah sebuah proses yang akan terus berlanjut seumur hidup, sebuah proses tiada henti untuk menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya. Oleh karena itu, ada beberapa tips mudah untuk menjadi pria dewasa :

1. Mandiri
Mandiri dalam semua hal. Mandiri dalam berusaha, mandiri dalam hidup, mandiri dalam keuangan dan mandiri dalam segala segi kehidupan. 

2. Mengambil keputusan
Hidup itu adalah pilihan. Pria dewasa harus berani mengambil keputusan dan mempertanggung jawabkan segala resikonya. Masalah harus diseleseikan dengan pikiran yang jernih sehingga melahirkan keputusan yang benar.

3. Tanggung jawab
Salah satu ciri pria yang bertanggung jawab adalah tidak mencari kambing hitam dalam setiap kesalahan. Mengakui kesalahan dan bertindak benar dikemudian hari menjadi tanda Anda telah dewasa.

4. Emosi terkendali
Pria dewasa mampu mengendalikan emosinya. Dalam menyikapi segala persoalan, emosinya selalu stabil. Tutur katanya tidak terpancing emosi sesaat. 

5. Menghormati orang lain
Setiap manusia pasti ingin dihormati dan diperlakukan secara baik layaknya seorang manusia. Dengan menghormati orang lain, maka ia akan mendapatkan penghormatan yang sama dari orang lain pula.

Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba. 

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top