Bahaya Minuman Bersoda Bagi Otak dan Tubuh

Minuman bersoda sekarang ini menjadi trend dan banyak digemari oleh berbagai kalangan. Minuman bersoda menjadi alternatif bagi kalangan yang tidak ingin mengkonsumsi alkohol namun ingin merasakan sensai berbeda di tenggorokan. Dibalik nikmatnya minuman bersoda, ternyata banyak penelitian yang mengungkapkan bahaya minuman ini bagi otak dan tubuh. Nah, berikut kita simak beberapa hasil penelitian tentang bahaya minuman bersoda. 



1. Studi terbaru memfokuskan pada efek otak ketimbang keseluruhan tubuh. Riset yang dilakukan oleh peneliti dari Australia ini melibatkan tikus yang dicekoki air gula. Penelitian menunjukkan, hewan pengerat ini menjadi hiperaktif setelah minum air tersebut. Kemudian, jaringan yang diambil dari salah satu bagian otak tikus ini mengalami perubahan pada 300 protein yang berbeda.

2. Penelitian oleh ilmuwan Swedia tahun 2012 lalu malah menemukan bahwa minum hanya satu gelas soda sehari saja sudah bisa meningkatkan kesempatan seseorang mengembangkan kanker prostat sekira 40 persen.

3. Sebuah studi mengungkap bahwa minuman ringan yang sarat dengan gula tambahan, memicu kanker rahim. Penyakit ini kerap menyerang wanita berusia 50 tahun ke atas. Di Inggris, kanker ini menduduki peringkat keempat daftar penyakit mematikan. Tercatat sekitar 2000 orang per tahun meninggal akibat kanker rahim.

4. Peneliti Dr Maki Inoue-Choi mengatakan: “Penelitian telah mendokumentasikan bagaimana kontribusi minuman manis pada obesitas”. Ia menambahkan, terlalu banyak gula dapat meningkatkan asupan kalori yang juga menyumbangkan risiko diabetes , penyakit jantung, dan kanker. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention ini merupakan penelitian terbaru tentang efek minuman ringan pada kanker rahim.

Minuman bersoda bukanlah minuman yang sehat untuk dikonsumsi setiap hari. Kandungan dalam minuman bersoda dapat berbahaya bagi kesehatan otak dan tubuh. Ada baiknya kurangi konsumsi minuman bersoda mulai dari saat ini. 

Anda masih ingin mencoba?

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top