Menu Sarapan Sehat Terpopuler di Indonesia

Kampanye sarapan sehat di pagi hari mulai marak digalakkan. Mengingat betapa pentingnya manfaat sarapan sehat di pagi hari. Selain memberikan asupan tenaga untuk mengawali hari, sarapan pagi juga membantu meningkatkan kesegaran otak dan meningkatkan kestabilan emosi terhadap stress. Maka tak heran jika orang yang terbiasa sarapan pagi akan lebih siap menghadapi rutinitas yang berat, tidak mudah emosi karena stress dan lebih cepat dalam berpikir. Waktu sarapan biasanya dimulai dari pukul 06.00 pagi dan diusahakan tidak lebih dari pukul 08.00 pagi. 
Menu makan pagi ada baiknya makanan yang ringan namun bergizi bagi kesehatan. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar serat tinggi dengan protein yang cukup namun dengan kadar lemak rendah. Namun, bagi orang Indonesia tulen, makan tentu tak cukup tanpa kehadiran karbohidrat. Tentu, ini baik asalkan porsi tidak berlebihan. Berikut ini menu sarapan pagi yang populer di santap di Indonesia. 

1. Bubur Ayam
Rasanya bubur ayam adalah menu favorit bagi kebanyakan orang. Dengan porsi yang tidak terlalu banyak, tekstur yang lembut dan kuah yang segar, bubur ayam sangat cocok bagi lidah dan perut untuk mengawali hari. 

2. Nasi Goreng
Sarapan nasi goreng adalah menu khas orang rumahan di pagi hari. Sepiring nasi goreng yang dilengkapi dengan telor, sosis, ayam atau nugget dan sayuran hijau cukup membuat nafsu makan bangkit. Namun ingat, jangan menyantapnya terlalu banyak jika tak ingin hari Anda dipenuhi rasa kantuk. 

3. Nasi Kuning
Dalam tradisi Indonesia warna nasi kuning menggambarkan kekayaan, kemakmuran serta moral yang luhur. Mungkin dengan mengkonsumsi nasi kuning di pagi hari mampu membangkitkan semangat bekerja Anda untuk meraih kekayaan, kemakmuran dan moral yang baik. Nasi kuning biasa dilengkapi dengan telor dadar, ayam bakar, kering tempe dan sambal.

4. Nasi Uduk/ Lemak/Liwet
Nasi uduk, nasi liwet dan nasi lemak adalah menu makanan yang memiliki tipe yang sama. Nasi gurih menjadi karbohidrat utama dan diiringi dengan kering tempe, mie dan lauk beraneka ragam serta sambal menjadi menu pilihan. Yang membedakan dari ketiga menu ini adalah komposisi pelengkap yang berbeda dari daerah satu dan daerah lainnya. Kesamaannya yaitu sama-sama menjadi menu favorit sarapan. 

5. Nasi Pecel
Nasi pecel saat ini telah dikenal hingga berbagai wilayah di Indonesia. Namun, nasi pecel sejak dahulu menjadi menu favorit bagi masyarakat Jawa Timur. Kemudian berkembang ke daerah lainnya dengan penyajian yang dikembangkan. Biasanya nasi pecel disantap dengan sayuran segar yang dilengkapi telor, rempeyek dan lauk lainnya. 

6. Soto
Entah sudah berapa banyak variasi soto yang ada di tiap daerah di Nusantara. Soto segar di santap di pagi hari dengan porsi yang kecil. Dari semua variasi soto, semuanya cocok untuk dijadikan sarapan untuk mengawali hari.

7. Lontong Sayur
Jenis lontong ini penyebarannya banyak sekali di Indonesia. Bahannya lontong, santan, kacang panjang, bawang goreng, dan lauknya tergantung selera Anda seperti tahu, ayam dan ikan.

8. Ketupat Tahu
Menu yang juga menjadi favorit sarapan di beberapa daerah adalah ketupat tahu. Ketupat dipotong-potong dan disajikan dengan tahu goreng yang dipotong kecil dengan siraman kuah yang terasa manis dan sedikit asam menjadi makanan yang tepat untuk sarapan. Lebih mantap dimakan dengan sambal. 

9. Nasi Jagung
Nasi jagung (Nasi ampog) yang merupakan variasi nasi khas bagi masyarakat Madura dan sebagian Jawa Timur. Nasi ini terdiri dari jagung yang telah dilembutkan menjadi nasi dan adakalanya dimasak bersama dengan nasi. Nasi jagung biasa dimakan dengan sayur pepaya, urap dan ikan asin. Nasi jagung cocok sebagai pengganti nasi untuk penderita diabetes.

10. Susu dan Roti
Ada sebagian masyarakat kita yang menjadikan susu dan roti menjadi sarapan favorit di rumahnya. Roti tawar dilapisi selai beraneka rasa dan dilengkapi dengan susu menjadi menu andalan sebelum beraktivitas. Biasanya susu dan roti dikonsumsi oleh masyarakat yang memiliki kesibukan luar biasa atau mereka yang tidak terbiasa dengan makanan berat di pagi hari. 

Nah, apapun jenis makanannya yang terpenting adalah isi perut sebelum beraktivitas di pagi hari. Kebiasaan sarapan akan membuat hari-hari Anda lebih produktif dan menyenangkan. 


Sumber gambar by google.com

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top