Cegah Penyakit Dengan Berjemur Di Pagi Hari

Sinar matahari pagi merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah berbagai penyakit. Manfaat sinar matahari pagi tidak hanya vitamin D saja. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan mendapatkan paparan sinar matahari pagi. Bicara soal matahari, maka yang ada di benak kebanyakan orang adalah ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB) yang tidak baik untuk kulit. Padahal, sinar matahari pagi juga dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini beberapa alasan mengapa kita harus berjemur lebih sering di pagi hari, seperti dilansir dari Boldsky. 


  1. Bikin tidur lebih nyenyak. Ini karena produksi hormon melatonin. Melatonin adalah hormon yang membantu tidur nyenyak di malam hari. Sementara, produksi hormon melatonin tergantung pada paparan sinar matahari. Jadi, hal ini tergantung pada seberapa banyak sinar matahari yang masuk ke tubuh di pagi hari. 
  2. Menurunkan berat badan. Salah satu manfaat dari berjemur matahari di pagi hari dapat membantu kita menurunkan berat badan. Ini dapat dikaitkan dengan fakta bahwa jika kita cukup tidur, maka kita akan lebih mudah untuk menurunkan berat badan. Penelitian juga telah menunjukkan hubungan yang signifikan antara jumlah paparan matahari dengan indeks massa tubuh (IMT) seseorang. 
  3. Memperkuat tulang. Tidak diragukan lagi bahwa vitamin D dari sinar matahari diperlukan untuk kesehatan tulang. Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium yang digunakan untuk memperkuat dan menyehatkan tulang. Vitamin D juga bisa diperoleh dari ikan, tapi matahari adalah yang terkaya dan paling tersedia. 
  4. Melindungi dari penyakit. Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa orang-orang yang kekurangan vitamin D sering lebih mudah merasa sakit dan menderita penyakit berat seperti jantung dan kanker. Mereka juga menemukan bahwa vitamin D yang diperoleh dari sinar matahari lebih efektif dan berharga daripada suplemen vitamin D. 
  5. Mencegah penyakit autoimun. Salah satu manfaat terbesar dari sinar matahari adalah perlindungan terhadap penyakit autoimun. Sinar matahari mencegah sistem kekebalan tubuh menjadi terlalu reaktif dan hiperaktif. Inilah cara yang paling mudah dan murah untuk mencegah penyakit autoimun. 


Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top