Cara Relaksasikan Pikiran dan Tubuh

Merelaksasikan pikiran dan tubuh adalah cara terbaik untuk membuat pikiran dan tubuh kembali segar. Rutinitas harian kita mungkin sangat padat sehingga sering membuat pikiran stres dan tubuh tidak fit. Refreshing dengan jalan-jalan tentu memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Anda tak perlu khawatir, ada cara ampuh yang efektif untuk merelaksasikan pikiran dan tubuh. Caranya dengan menggunakan teknik pernapasan. 


Teknik pernapasan adalah cara yang paling mudah untuk merelaksasikan pikiran dan tubuh. Saat mengambil posisi berbaring setelah sehari sibuk, apakah Anda pernah menyadari secara otomatis mengambil napas dalam dan panjang, lalu membiarkan udara keluar sambil menghela napas? Itu adalaha contoh yang baik saat bernapas dengan perut atau sepenuhnya bernapas menggunakan diafragma Anda. Kendati terdengar sederhana, namun bernapas dalam keadaan relaks demikian sebenarnya Anda tengah membersihkan saluran pernapasan. 

Nah, secara sadar Anda dapat menghadirkan relaksasi pikiran dan tubuh ini dengan teknik pernapasan yang sederhana. Berikut caranya :
Langkah 1 : Cobalah untuk menarik napas dan mengeluarkannya dari hidung Anda. Cara ini sama dengan menyaring, menghangatkan, dan melembapkan udara dfalam saluran pernapasan Anda.

Langkah 2 : Berbaringlah dan buat diri Anda senyaman mungkin. Kemudian secara perlahan mulailah mengendurkan otot-otot di kaki, pinggul, perut, dada, lengan, dan leher Anda.

Langkah 3 : Mulailah untuk mulai memperhatikan dan fokus pada cara bernapas Anda. Rasakan diri Anda serelaks mungkin dengan menarik napas dalam dan panjang. Ketika Anda relaks saat bernapas, biarkan tekanan pada perut meningkat, lalu perlahan-lahan embuskan napas dan perut kembali kempis.

Anda dapat mempraktekkan cara sederhana tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari atau sekitar 10 kali bernapas. Anda cukup menghabiskan waktu 1 menit untuk melakukan latihan ini. Lebih sering Anda pergunakan, maka tubuh Anda akan semakin terbiasa untuk rileks dan nyaman. Cara ini dapat membantu Anda menjadi lebih fokus dan jernih dalam perpikir, sekaligus mejembatani antara kontak pikiran dan tubuh Anda. Bahkan, cara berpanas ini juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung. Meningkatnya level kesadaran dalam bernapas, dapat membantu peradaran oksigen dalam darah menjadi lancar ke seluruh tubuh, yang kemudian akan berefek melepaskan stres.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top