Cara Menghilangkan Ketombe


Apakah anda berketombe?. Anda tidak sendiri, ketombe merupakan masalah bagi banyak orang. Ketombe adalah pengelupasan berlebihan dari sel-sel kulit mati pada kulit kepala. Sel-sel kulit mati dan mengelupas adalah hal biasa dan normal. Namun, menjadi hal yang luar biasa dan menjadi masalah ketika sel-sel kulit mati dan mengelupas dalam jumlah yang banyak atau berlebih. Pasti membuat kita risih dan tak nyaman. 

Beberapa faktor yang mnyebabkan ketombe :
  • Kulit berminyak. Banyak orang percaya bahwa ketombe disebabkan oleh kulit kepala kering. Namun, ketombe juga dijumpai pada kulit kepala berminyak. Lapisan minyak yang berlebihan pada kulit kepala dapat mengering, menebal dan menjadi serpihan dalam bentuk ketombe.
  • Keringat. Jika Anda berolahraga secara teratur, Anda berkeringat lebih banyak, yang juga bisa menyebabkan ketombe terutama jika Anda tidak berkeramas sesering yang seharusnya.
  • Jamur. Bentuk tertentu dari ketombe juga diyakini disebabkan oleh jamur pada kulit kepala. Karena jamur ini tidak dapat dihilangkan sepenuhnya maka ketombe juga tidak dapat dibasmi habis, hanya bisa dikontrol.
  • Faktor lainnya seperti : cuaca dingin, penggunaan semprotan dan minyak rambut, sampo yang tidak sesuai, bilasan sampo yang kurang bersih, jarang mencuci rambut, diet, stress dan gangguan hormon.
Nah, ketombe dapat diatasi dengan bahan-bahan alami yang ada disekitar kita. Berikut beberapa bahan yang dapat digunakan dan cara menggunakannya :
1. Daun pandan
Tumbuk daun pandan hingga halus kemudian tambahkan dengan air, aduk kemudian saring. Air hasil penyaringan digunakan dengan cara dioleskan dan dipijat ke kulit kepala. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas hingga bersih. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

2. Gel lidah buaya
Ambil lidah buaya yang masih segar, patahkan bagian tengah dan keluarkan gel di dalamnya. Oleskan gel lidah buaya tersebut pada kulit kepala. Diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih. Dapat dilakukan 2-3 kali dalam seminggu.

3. Cuka putih
Cara 1 :
Campurkan secangkir cuka putih dengan secangkir air, dan tuangkan di kulit kepala anda setelah berkeramas, sebagai bilasan akhir. Biarkan sebentar, kemudian bilas dengan air bersih.
Cara 2 :
Anda juga dapat mencuci rambut anda dengan satu sendok cuka yang dicampur 3 sendok makan minyak, lalu dibersihkan dengan sampo. Cara ini memberikan efek yang sama baiknya.

4. Soda kue
Basahi sedikit rambut anda. Ambil segenggam soda kue dan gosokkan kulit kepala anda dengan soda kue tersebut. Kemudian bilas dengan baik sehingga semua soda hilang dari rambut anda. Lakukan hal ini beberapa kali. Pada awalnya, rambut anda mungkin akan sedikit kering, tapi setelah satu minggu anda akan melihat perbedaannya. Kulit kepala anda memproduksi minyak secara alami, membuat rambut anda lembut kembali dan ketombe akan hilang.

5. Jeruk nipis
Siramkan 2 sdm air jeruk nipis di kepala anda. Remas-remaslah rambut dan kulit kepala. Ambil segelas air dan tambahkan 1 sendok makan jus lemon ke dalamnya, lalu siramkanlah ke rambut anda. Bilaslah dengan air setelah beberapa menit. Kepala anda akan berbau harum dan segar lemon dan ketombe anda pun menghilang. Ulangi beberapa kali sampai ketombe anda benar-benar hilang.

6. Garam
Garam dapat mempercepat pengelupasan kulit mati dan menyingkirkan bakteri dan jamur di kulit kepala. Taburkan dan gosok kulit kepala anda dengan garam. Bilaslah setelah beberapa saat dan bersihkan rambut anda dengan sampo.

7. Santan kelapa
Campur santan dari setengah butir kelapa, satu gelas jus buah nanas, perasan jeruk nipis, dan satu setengah gelas air kelapa. Aduk secara merata. Gunakan campuran ini untuk mencuci rambut setiap lima hari sekali. Bersihkan dengan sampo setiap kali melakukannya.

8. Minyak kelapa
Minyak kelapa mengandung vitamin E dan asam lemak yang dapat menghilangkan ketombe. Caranya setiap sebelum tidur gunakan minyak kelapa untuk memijat kulit kelapa kemudian balut kepala dengan handuk hangat agar minyak kelapa meresap ke kulit kepala. Setelah beberapa menit, bilas dengan air hingga bersih. 

9. Minyak Wijen
Minyak wijen selain dapat digunakan untuk mengatasi kerontokan juga dapat digunkan untuk menghilangkan ketombe. Caranya sama dengan penggunaan minyak kelapa diatas. Bisa juga ditambah sedikit perasan jeruk nipis dan dipijatkan ke kulit kelapa.

Selain menggunakan cara alami diatas hal yang perlu anda perhatikan adalah rajinlah berkeramas setiap hari dan kurangilah makanan berminyak. Karena kesuksesan menghilangkan ketombe tidak lepas dari cara anda mengantisipasi terjadinya hal tersebut. Selamat mencoba.
Share pengalaman anda disini.


Referensi :
http://majalahkesehatan.com/5-cara-alami-menghilangkan-ketombe/
http://www.likethisya.com/cara-menghilangkan-ketombe.html
http://www.sayacantik.com/cara-menghilangkan-ketombe/
sumber gambar : http://planetsehat.com/perawatan-rambut/cara-alami-membuat-minyak-rambut-untuk-mengatasi-ketombe/

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top