Cara Mengatasi Rambut Rontok


Rambut rontok adalah hal yang sangat mengerikan bagi kita. Terutama bagi kaum wanita, rambut yang merupakan mahkota yang sangat didambakan. Tak lucu bukan jika wanita tanpa mahkota berharganya. Rambut rontok bukan hal yang sepele karena lama kelamaan akan menjadi kebotakan. Menurut survei hampir 50% wanita mengalami rambut rontok, dan rambut rontok rata-rata hingga 50-100 helai per hari. Bayangkan jika terus terjadi, dari waktu ke waktu pasti akan menyebabkan kebotakan.

Sebelum mengetahui cara mengatasi rambut rontok ada baiknya terlebih dahulu kita mengetahui penyebab terjadinya rambut rontok, yaitu :
1. Stress
Stres yang berlebihan dapat mengalami kondisi psikologis seperti penurunan berat badan dan rambut rontok.
2. Penyakit
Jika anda terkena penyakit seperti tifus dan diabetes biasanya juga akan mengalami rambut rontok. Ini normal karena tubuh sangat lemah dan hormon tidak berfungsi secara optimal.
3. Hormon
Tingkat hormon dapat berubah dan tidak seimbang. Misalnya, selama kehamilan atau setelah melahirkan, biasanya wanita akan mengalami kerontokan rambut.
4. Obat-obatan
Bahan kimia yang terkandung dalam obat-obatan yang anda konsumsi juga bisa memicu kerontokan rambut. Contohnya orang yang minum obat antidepresi dan obat tekanan darah tinggi.
5. Kurang gizi
Ketika tubuh tidak mendapatkan cukup vitamin dan mineral, itu akan memiliki efek pada rambut, kuku, dan gigi. 
6. Hair styling
Mengubah gaya rambut dan sering mengubah warna rambut dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Penggunaan pengering rambut juga merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan rambut rontok.
7. Shampoo
Kerontokan rambut juga dapat diakibatkan dari penggunaan shampoo yang tidak cocok.

Dengan mengetahui penyebabnya maka kita dapat mencegah kerontokan dengan memperhatikan penyebab tersebut. Jika anda telah mengalami kerontokan rambut, ada baiknya anda simak baik-baik tips cara mengatasi rambut rontok berikut ini :
1. Pemilihan shampoo
Memilih shampo untuk rambut rontok memang tidak mudah. Apalagi di Indonesia, kita bisa salah kaprah dengan istilah asingnya. Jika Anda melihat tulisan shampo anti Hair Fall, maka ini bukan untuk Anda. Shampo hair fall diperuntukan bagi rambut rontok karena patah, bukan rontok dari akarnya. Sedangkan rambut patah itu berarti kondisi rambut sangat kering. Kandungan shampo di dalam shampo Hair Fall tentu disesuaikan untuk melembabkan rambut. Sementara kelembaban yang berlebihan justru makin memperparah kerontokan. Carilah shampo bertuliskan Hair Loss. Hair loss inilah istilah bagi kerontokan rambut yang terjadi dari akarnya.
2. Lidah buaya
Gunakan bahan alami seperti lidah buaya kerambut anda, caranya yaitu dengan mengolesi gel-gel lidah buaya.
3. Minyak kemiri
Dulu orang sering menggunakan kemiri yang di bakar sebagai alat untuk menumbuhkan rambut seperti kumis. Sekarang anda bisa menggunakan minyak kemiri tanpa harus membakar kemiri, karena minyak kemiri sudah banyak dipasarkan diberbagai salon kecantikan.
4. Daun seledri
Cara menggunakannya cukup dengan menumbuk daun seledri hingga halus kemudian digunakan untuk keramas.Daun seledri memiliki kandungan seperti kalsium, zat besi, natrium, vitamin A dan vitamin B yang berfungsi untuk menstimulasi pertumbuhan rambut.
5. Teh
Teh diseduh dengan air panas, kemudian biarkan semalaman. setelah itu, air teh usapkan ke kulit kepala. Lakukan sesaat sebelum keramas. Teh hijau mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi rambut dari paparan polusi.
6. Yoghurt
Caranya gunakan yoghurt sebagai masker rambut secara teratur setiap dua minggu. Penggunaan yoghurt secara teratur juga akan mencegah cepat beruban rambut. 
7. Alpukat
Caranya, hancurkan alpukat dalam mangkuk, dan aduk sampai menjadi pasta tebal. Lalu, usapkan pada rambut dari akar ke ujung rambut. Kemudian biarkan selama 20 menit. Setelah itu, cuci rambut Anda dengan menggunakan sampo, kemudian bilas.
8. Minyak Zaitun atau minyak kelapa
Perawatan alami yang terbukti ampuh adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Jika tidak ada, anda bisa menggantinya dengan minyak kelapa .

Demikian beberapa cara yang bisa anda lakukan. Selalu rawat mahkota terindah yang anda miliki. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.




sumber gambar

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top